Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Online dan Jenis-Jenisnya

iklan online


Pengertian Iklan Online 

Pengertian iklan online atau biasa disebut dengan online advertising adalah info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak ramai yang bertujuan untuk memperkenalkan, mengajak, dan membujuk agar khalayak luas ikut kedalam ajakan tertentu yang dipasang dan bisa terlibat pada jaringan internet. Iklan online menggunakan media elekronik untuk memasarkan iklannya. 

Iklan online merupakan upaya pemasaran online degan menampilkan sebuah sub web pada hasil pencarian search engine dengan cara perbayar. Pemasaran iklan online biasa digambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya yang bertujuan untuk meraih keuntungan dari penjualan. 

Iklan online ialah iklan yang dipromosikan melalui jaringan internet, sedangkan took online adalah sarana tempat berbelanja jual beli yang di dalamnya berisi iklan penawaran produk atau jasa. 


Tujuan dan Keuntungan Iklan Online 

Tujuan Iklan online 

Ada beberapa tujuan iklan online antara lain: 

  • Menginformasikan konsumen tentang merek-merek baru, mendidik mereka tentang fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
  • Membangun kesadaran merek, membuat konsumen sadar akan sebuah merek atau produk yang bertujuan jangka panjang perusahan. Setelah konsumen mengetahui produk/merek maka langkah selanjutnya adalah mendapat kepercayaan konsumen. 
  • Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. 
 Ada 3 langkah yang harus di perhatikan dalam menciptakan permintaan konseumen antara lain: 

  1. Menginformasikan
  2. Membujuk
  3. Mengingatkan
  4. Memperluas/membujuk konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang di iklankan
  5. Membangun loyalitas konsumen

Keuntungan Iklan Online 

Berikut ini adlaah beberapa keuntungan iklan online antara lain: 

a. Tidak Ada Tanggal Kedaluarsa 
Media online adalah fleksibel, instan, dinamis, dan bisa berubah-ubah. Sebuah website dapat melajukan 24 jam dalam sehari, 7 hari seminggu dan tidak akan pernah berakhir, sehingga iklan online tidak ada tanggal kedaluarsanya karena akan aktif terus 24 jam. 

b. Lead Time 
Informasi online dapat di publikasikan segera mungkin dan berubah secara teratur meskipun ada atau tidak ada lead time.

c.Kualitas Paparan 
Kualitas paparan konsumen hanya perlu mengklik banner atau bentuk iklan online lainnya jika meraka tertarik dengan iklan tersebut. 

d. Kebebasan 
Pengguna internet memiliki hak penuh untuk mengkontrol apa yang ingin mereka lihat. Kebebasan dalam memilih memungkinkan pelanggan untuk mengambil keputusan dalam berinteraksi dengan merek atau tidak. 

e. Jangkauan 
Melalui media internet iklan dapat di tampikan tanpa ada batas geografis. Satu iklan online dapat menjangkau ribuan konsumen yang ersebar di seluruh dunia. Sehingga jangkauan iklan online bisa sangat luas sekali. 

f. Biaya 
Biaya yang digunakan relatif murah. Memilih media iklan online dapat memberiklan dengan tepat dengan mengurangi biaya pemasaran. Dibandingkan dengan iklan tradisional, iklan online relatif lebih murah dan efektif

Jenis-Jenis Iklan Online 

Pengertian iklan online atau biasa disebut dengan online advertising adalah info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak ramai yang bertujuan untuk memperkenalkan, mengajak, dan membujuk agar khalayak luas ikut kedalam ajakan tertentu yang dipasang dan bisa terlibat pada jaringan internet. 

Iklan online menggunakan media elekronik untuk memasarkan iklannya. Iklan online merupakan upaya pemasaran online degan menampilkan sebuah sub web pada hasil pencarian search engine dengan cara perbayar. 

Pemasaran iklan online biasa digambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jawa lewat dunia maya yang bertujuan untuk meraih keuntungan dari penjualan. Berikut ini adalah 12 jenis-jenis iklan online berikut dengan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing: 

Direct Advertising 

Direct advertising adalah iklan online di mana pemasangan iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangi kontrak untuk menampilkan iklan. Media yang menjadi iklan jenis ini adalah website atau blog yang mempunyai layanan iklan dengan traffic rank yang cukup tinggi. 

Blog tersebut bisa dipercaya penyedia jasa iklan dan cukup populer di kalangan pengunjung. Iklan ini biasanya berupa benner, gambar dan tulisan

Direct Advertising


SelfnService Advertising 

Selfnservice advertising adalah pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan, serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang di lakukan sendiri dalam jaringan. Salah satu contoh selfnservice advertising adalah Google Adwords. Iklan jenis ini memungkinkan pengunjung melihat berbagai jenis penyedia layanan iklan. 

Ad Networks 

Ad Networks adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Bisanya menargetkan iklan-iklan yang tidak mempunyai target konsumen khusus. Pemasang iklan jenis ini biasanya mengincar sebanyak mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya minim. Contoh iklan ini adalah Value Clik Media dan Tribal Fusion. 

Contextual Advertising 

Contextual advertising adalah jenis iklan yang ditargetkan pada konten tidak secara acak, namun dapat dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan konten yang relevan dari iklan tersebut. Contoh iklan contextual advertising adalah Google Adsen dan Yahoo Publisher Network. 

Twitter Advertising 

Twitter advertising adalah jenis iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasangan iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek. Akan didistribusikan kepada kosumen yang membaca konten sesuai dengan keyword yang dipilih. Iklan jenis ini misalnya magpie dan twittad. 

In Text Advertising 

Sistem in text advertising secara otomatis menghubungkan kata tertentu dalam website dengan konten iklan yang berhubungan. Contoh in text advertising adalah kontera dan vibrant in text ad. 

Ad Network Optimization 

Ad Network Optimization mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk menampilkan dalam halaman web dengan mengavaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang baik. Contoh iklan ini adalah Pubmatic dan Yeildbuild. 

Rep Ad Agencies 

Rep Ad Agencies adalah agen iklan yang mewakili blog-blog dan situs web tertentu memediasi penjualan meraka untuk berkampanye besar. Iklan jenis ini misalnya federated media dan tribal fusion. 

Sosial Advertising 

Sosial advertising adalah iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial misalnya peer groub, word of mouth, viral marketing, dan merekomendasikan langsung dari teman ke teman. Iklan jenis ini misalnya iklan facebook, video lag, dan meebo. 

Video Advertising 

Video advertsising adalah iklan dalam bentuk video. Target pasar iklan ini adalah para konten video. Ada beberapa format yang tersedia termasuk iklan dinamis bisa tampil sebelum atau sesudah. Iklan jenis ini adalah voxant dan adsen for video

RSS Advertising 

RSS advertising adalah tampilan iklan dalam RSS Feed yang bisa disesuaikan dengan konten RSS Feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh iklan ini adalah pheedo Feedvertising. 

Sponsorship 

Sponsorship adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga bentuk dana atau jasa sebagai ganti promosi terhadap suatu merek/sponsorship online strategi alternative yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif dari pamasangan iklan online dalam bentuk banner


Kelebihan dan Kekurangan Iklan Online 

Direct Advertising 

a. Kelebihan Direct Advertising 

Kelebihan direct advertising adalah iklan yang cukup praktis, yaitu dengan memajang iklan sesuai dengan yang diinginkan. Iklan ini bisa menyesuaikan pada target konsumen tertentu agar lebih efektif. 

b. Kekurangan Direct Advertising 

Kekurangan direct advertising adalah penyesuaian ukuran, adanya ukuran tampilan dan disesuaikan dengan harga. Harga yang murah memungkinkan ukuran iklannya kecil. Jika pesaing memiliki ukuran yang lebih besar kemungkinan memiliki peluang lebih besar. Menampilkan banner yang lebih besar maka membutuhkan biasya yang bersar juga. 

Selfnservice Advertising 

a. Kelebihan Selfnservice advertising 

Kelebihan Selfnservice advertising adalah pemasangan iklan lebih leluasa dalam mengatur konten maupun tata letak iklan. Pemasangan iklan akan dikenakan biaya jika ada pengunjung yang klik iklan tersebut. 

b. Kekurangan Selfnservice advertising 

Memerlukan keahlian khusus agar iklan terlihat menarik. Kurangnya kreativitas dapat mengakibatkan iklan kurang menarik. Iklan jenis ini kurang efektif karena tidak adanya target untuk konsumen. Harus ada redaksi kata atau keyword yang sesuai sebagai kata kunci pencari. Di Google biasaya akan ada pesaing yang menawarkan iklan yang serupa. 

Ad Network 

a. Kelebihan Ad Networks 

Kelebihan ad networks adalah penulis bisa fokus pada artikel yang berkualitas tanpa harus memiliki traffic rank blog yang tinggi agar mendapatkan iklan semakin tinggi. 

b. Kekurangan Ad Networks 

Kekurangan ad networks adalah banyak peraturan yang harus diikuti sehingga kurangnya kebebasan dalam pemasangan iklan dan tidak dapat menentukan jenis iklan apa saja yang ingin ditampilkan di blog atau website

Kontextual Advertising 

a. Kelebihan Kontextual advertising 

Kelebihan Kontextual advertising adalah iklan ini sudah otomatis dipilih oleh sistem yang tepat sesuai dengan produk yang dipromosikan. Sehingga pengguna internet akan bergabung lebih banyak melihat iklan tersebut. Biaya iklan murah karena perhitungan bayar per klik dari pengunjung. 

b. Kekurangan Kontextual advertising 

Kekurangan kontextual advertising adalah karena ditentukan oleh sistem, maka pakar konsumen tidak dapat ditentukan oleh pemasang iklan.

Twitter Advertising 

a. Kelebihan Twitter advertising 

Kelebihan twitter advertising adalah memungkinkan banyak di promosikan dikunjungu banyak konsumen yang akana bergabung. Melihat banyaknya pengguna twitter sangat memungkinkan untuk memperoleh banyak calon konsumen. 

b. Kekurangan Twitter advertising 

Kekurangan twitter advertising adalah iklan ini kecil sehingga banyak orang yang tidak mengetahui iklan ini. Dalam hitungan menit juga iklan akan bergeser ke bawah. Twitter hanya dibatasi 140 karakter harus memikirkan kalimat pendek untuk terlihat menarik. 

In Text Advertising 

a. Kelebihan In Text Advertising 

Kelebihannya adalah link situs promosi dapat dilihat oleh semua pengguna. 

b. Kekurangan In Text Advertising 

Kekurangannya adalah sasaran pasar tidak bisa diprediksi oleh pemasang iklan. 

Ad Network Optimization 

a. Kelebihan Ad Network Optimization 

Pesaing dalam mempromosiikan iklan lebih mudah jika visual dari iklan baik dan medapat efek positif terhadap pesaing iklan. 

b. Kekurangan Ad Network Optimization 

Kekurangan Ad Network Optimization tidak semua perusahaan menggunakan bentuk iklan ini dan tidak semua level produk di iklankan dapat menggunakan bentuk iklan ini.

Rep Ad Agencies 

a. Kelebihan Rep Ad Agencies 

Kelebihan Rep Ad Agencies adalah memudahkan prusahaan dalam mempromosikan produk atau jasa dan dapat diprediksi terlebih dahulu karena pihak agensi ikut serta membantu strategi pemasaran. 

b. Kekurangan Rep Ad Agencies 

Kekurangan Rep Ad Agencies adalah besar biaya iklan pengeluaran iklan dipromosikan melalui beberapa pihak penyedia ruang iklan dan perantara. 

Social Advertising 

a. Kelebihan Social Advertising 

Kelebihan sosial advertising tidak membutuhkan biaya yang mahal 

b. Kekurangan Social Advertising 

Harus mempunyai website untuk memasang iklan atau blog untuk mempermudah promosi.


Video Advertising 

a. Kelebihan Video Advertising 

Kelebihan video advertising adalah lebih menarik untuk di lihat karena berbentuk audio bisual. 

b. Kekurangan Video Advertising 

Kekurangan video advertising adalah pengguna akan lebih fokus pada konten videonya dibanding dengan produk atau jasa. Pembuatan viedonya juga harus menarik. 

11. RSS Advertising 

a. Kelebihan RSS advertising 

Kelebihan RSS advertising adalah penempatan iklan dapat disesuaikan melalui klasifikasi kebutihan yang sudah di tentukan. 

b. Kekurangan RSS Advertising 

Kekurangan RSS advertising tidak banyak dilihat oleh pengguna internet. 

Sponsorship 

a. Kelebihan Sponsorship 

Kelebihan sponsorsorship adalah sasaran pasarnya lebih banyak dan lebih efektif. 

b. Kekurangan Sponsorship 

Kekurangan sponsorship adalah biaya lebih besar dan pengerjaan iklan dibutuhkan kreatifitas agar mampu menarik perhatian pengunjung.


Perbedaan Iklan Online Gratis dan Berbayar 

Di dunia maya ini ada ratusan hingga ribuan situs yang membuka jasa penyebaran iklan. Dari yang gratis hingga yang berbayar. Semua menguntungkan. Berikut perbedaan iklan online gratis dan berbayar: 

1. Iklan Online Gratis 

Tidak dipungut biaya sedikitpun untuk submit iklannya, tetapi kita harus submit manual satu demi satu iklan itu dan itu juga cuma satu demi satu situs iklan baris. Sangat tidak praktis dan buang waktu. Sekarang sudah ada softwere yang bisa submit ke ratusan iklan baris dengan sekali klik saja. Akan tetapi itu juga membutuhkan biaya per bulannya untuk aktifkan softwere-nya, biasanya 20-30rb perbulannya. ( Kurang disarankan untuk dilakukan ). 
  • Kelebihan Gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun. 
  • b. Kekurangan Kurang praktis untuk dilakukan, buang waktu, kurang efisien, membutuhkan biaya untuk koneksi internet, tampil hanya bisa 1 kali 2 kali saja dalam waktu 5 menit. 

2. Iklan Online Berbayar 

Iklan online berbayar itu sangat efisien dan cepat. Masing-masing situs iklan berbayar memasang tarif dan sistem kerja yang berbeda-beda. Ada yang dengan cara pemasang iklan wajib bayar/bulan dengan tarif tertentu, ada juga pemasang iklan wajib membayar pemilik situs iklan dengan biaya perklik iklannya, sehingga setiap ada orang yang tertarik dengan iklan tersebut kemudian orang itu melakukan klik pada iklan itu, maka pemasang iklan akan dikenakan biaya. 

Biasanya situs ini menyediakan pulsa untuk pemajangan iklan trsebut. Dan pulsa itu akan berkurang setiap ada yang mengklik iklan yang dipasangnya. Akan tetapi, Anda akan mendapatkan hasilnya lebih bagus. (disarankan) 

a. Kelebihan 

Kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan submit iklan berkali-kali. Cukup kita menunggunya saja maka iklan akan tampil dengan sendirinya ke ratusan tempat penyedia iklan. Selain itu, jika ada orang yang tertarik untuk masuk dan mendaftar atau membeli apa yang diiklankan. Biasanya sehari bisa sampai puluhan ribu kali tampil iklannya. Hasilnya jauh lebih bagus amat sangat dari iklan baris gratis. Tampil di situs iklan ternama hingga ribuan kali dalam satu hari. Peluang lebih besar. 

b. Kekurangan 

Membutuhkan biaya untuk menyewa jasa iklan. Seperti perusahaan yang memasang iklan pada papan iklan di pinggir jalan (offline). Biasanya berkisar dari 25rb-200rb untuk yang hitungan perbulan dan 25rb hingga tak terbatas untuk pulsa iklan perklik.


sumber
Bisnis Online
Asep Giman Hidayat
Happy Linda Sundawa
Andri Wibowo

Posting Komentar untuk "Iklan Online dan Jenis-Jenisnya"