Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Statistik Pada Spreadsheet

Berikut ini terdapat beberapa fungsi statistik yang sering dipergunakan dalam pengolahan data akuntansi menggunakan spredsheet.


  1. Fungsi AVERAGE fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dalam suatu range. Bentuk penulisan AVERAGE adalah sebagai berikut.
    =AVERAGE(number1,[number2],...)
  2. Fungsi MAX. Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai tertinggi data dalam suatu range. Bentuk penulisan MAX adalah sebagai berikut.
    =MAX(number1,[number2],...)
  3. Fungsi MIN. Fungsi min digunakan untuk menghitung nilai terendah dalam suatu range. Bentuk penulisan MIN adalah sebagai berikut.
    =MIN(number1,[number2],...)

Jika diaplikasikan pada contoh soal maka terlihat seperti berikut ini.
Contoh: Untuk mencari nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah dari daftar penjualan berikut, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.


Untuk mencari nilai rata-rata dapat dilakukan dengan cara sorot pada cell E10 kemudian ketik rumus average berikut: =AVERAGE(E5:E9)

Sedangkan untuk mencari harga tertinggi, sorot pada cell E11 kemuian masukan rumus MAX seperti berikut: =MAX(E5:E9)

Mencari harga terendah dengan mengetik rumus berikut pada cell E12.
=MIN(E5:E9)

Apabila langkah-langkah diatas benar, maka akan didapatkan hasil seperti pada gambar berikut ini.



1 komentar untuk "Fungsi Statistik Pada Spreadsheet"

  1. The Excel application has just so much to offer. From the production charts to the manipulation of data plotted on diagrams, all of these and more can be done on the Excel application. spreadsheet consulting

    BalasHapus