Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI MYOB

Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Ada banyak program aplikasi komputer akuntansi yang sudah ada mulai zaman komputer masih menggunakan disk Operating Sistem (DOS) hingga terbaru sudah menggunakan website dan peralatan mobile sehingga aplikasi bisa diakses dimanapun juga.

A. GAMBARAN UMUM KOMPUTER AKUNTANSI

1. Pengertian Komputer Akuntansi 

Komputer akuntansi adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan. Komputer akuntansi adalah sebuah sistem akuntansi dimana komputer sebagai teknoogi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengelola transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.

2. Jenis Komputer Akuntansi 

Banyak jenis-jenis aplikasi yang digunakan untyuk akuntansi diantaranya adalah: 

a. Krishand
adalah software aplikasi buatan Indonesia dimana kantor pusatnya berada di Jakarta dan Bali. Krishand juga membuat banyak program aplikasi khusus untuk transaksi-transaksi akuntansi seperti Inventory, Cash bank dan lain-lain. Alamat websitenya www.krishand.com 

b. Accurate 
adalah software aplikasi akuntansi buatan Indonesia di bawah naungan PT Cipta Piranti Sejahtera dimana kantor pusatnya berada di Jakarta. Alamat websitenya www.accurate.id. Versi accurate bermacam-macam mulai versi desktop hingga versi mobile. 

c. K-sistem indonesia 
K-System adalah suatu software akuntansi yang terpadu dan di design khusus untuk kondisi di Indonesia. Banyak perusahaan di Indonesia yang menginginkan untuk melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional perusahaan serta mempermudah kontrol. Di dalam software ini, data cukup diisi satu kali pada bagian operasional, kemudian faktur dicetak dari computer dan proses pembukuan selanjutnya, secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan dapat disediakan setiap saat. 

d. Myob Accounting 
MYOB (Mind Your Own Business) dimulai di Australia pada tahun 1991 dan merupakan salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan kecil-menengah sampai perusahaan menengahbesar akan sistem manajemen bisnis (business management systems) yang powerful, mudah dan terjangkau. 

Banyak penghargaan diterima oleh jajaran produk myob sejak tahun 1991 sampai sekarang. Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. myob pada tahun itu juga memenangkan 1991 MacWorld Award untuk kategori Best Accounting Software dan kategori Best newcomer Software.Tahun 1996, myob Inc., terus berkembang dan bergerak di bawah payung myob Limited. myob kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover pemasaran myob di seluruh dunia, yaitu myob US, Inc., myob Canada Inc., myob Australia Pty Ltd., myob new Zealand, myob UK Ltd. dan myob Asia, yang saat ini terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia adalah yang pertama dia Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan Asia-International, dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang tersedia.

e. Sage accpac erp 
Aplikasi komputer akuntansi yang dikembangkan oleh Sage Group plc, umumnya dikenal sebagai Sage, adalah perusahaan perangkat lunak perusahaan multinasional Inggris yang berbasis di newcastle upon Tyne, Inggris. Ini adalah perusahaan teknologi terbesar kedua di Inggris dan merupakan pemasok perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan terbesar ketiga di dunia (di belakang Oracle dan SAP), pemasok terbesar untuk usaha kecil, dan memiliki 6,1 juta pelanggan di seluruh dunia. Ia memiliki kantor di 24 negara. Perusahaan ini adalah pelindung venue musik Sage Gateshead di Gateshead.

f. Dan masih banyak lagi pengembang software khusus akuntansi baik dalam dan luar negeri. 


3. Manfaat Komputer Akuntansi 
Manfaat dan keuntungan dari komputer akuntansi adalah: 
  1. Dapat menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu hingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.;
  2. Pencegah kekeliruan karena tingkat ketelitian dan fokus dari komputer lebih tinggi.; c. Meningkatkan efisiensi.; 
  3. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan.; 
  4. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan.; 
  5. Menambah efisiensi kerja di bagian keuangan.; dan 
  6. Meningkatan sharing knowledge.


B. PENGINSTALAN DAN MEMBUKA APLIKASI myob 

1. Installasi Program Aplikasi myob 
Software myob Accounting v18 bisa di-install pada Windows versi apa saja. Untuk meng-install myob Accounting v18, minimal spesifikasi komputer yang harus Anda miliki yaitu:
  1. Komputer PC/ Laptop dengan processor 200 MHz dan RAM 64 MB. Space harddisk minimal yaitu 50 MB untuk program myob dan 35 MB untuk space file perusahaan; 
  2. Monitor dengan resolusi minimal 800 x 600 dengan warna minimum 16 bit; 
  3. Windows XP/Windows 7/Windows 8.1/ Windows 10; 
  4. Software Office 2007/ Office 2010/ Office 2013/ Office 2016; dan 
  5. Master software myob Accounting V18.
Adapun langkah-langkah untuk menginstal program komputer akuntansi myob Accounting pada komputer PC dengan support windows 7 adalah sebagai berikut: 
  1.  Aktifkan komputer Anda, lalu masukkan CD yang berisi software myob Accounting v18 ke dalam CD ROM komputer. Cara lain, bila Anda punya software dalam flashdisk, colokkan flashdisk pada port usb pada CPU/ Laptop.
  2. Klik tombol Start, kemudian Klik Computer.
3. Klik drive penyimpanan software myob Accounting, misalnya di CD atau Flashdisk yang telah dihubungkan dengan PC.


4. Klik dua kali pada Storage CD/Flashdisk sehingga muncul tampilan Master myob Accounting yang akan diinstal.

5. Klik dua kali pada gambar master myob Accounting V18 sehingga muncul pemberitahuan untuk memulai instalasi, kemudian Klik Yes.


6. Selanjutnya, proses instalasi program myob Accounting akan berjalan


7. Setelah muncul jendela “Welcome to myob Accounting v18 Install” seperti berikut, maka klik Next


8. Selanjutnya, muncul jendela “Licence Agreement” berikut, maka pilih “I accept the terms of the licence agreement” kemudian klik “Next”.


9. Pada jendela Install Type, pilh “Typical” kemudian klik Next.


10. Pada jendela Select Program Folder, pilh salah satu misalnya “Accesories” kemudian klik Next.


11. Selanjutnya, muncul jendela Start Copying Files, klik Next.



12. Selanjutnya, proses instalasi kembali berjalan.



13. Setelah semua proses instalasi telah terlewati, maka muncul jendela berikut, kemudian klik Finish.


14. Maka myob Accounting V18 siap untuk digunakan.


Membuka Program Aplikasi myob 
Adapaun langkah-langkah untuk membuka program aplikasi myob Accounting yang telah terinstal pada Komputer PC/ Laptop adalah sebagai berikut:
a. Klik Start, kemudian pilih dan klik All program.


b. pada pilihan All program akan muncul beberapa program yang telah terinstal pada komputer/ laptop. Maka, pilih dan klik folder program myob Accunting v18, kemudian klik pada icon myob Accounting v18.

c. Apabila muncul jendela peringatan ketika membuka program myob Accounting v18, maka klik Yes.


d. Selanjutnya, akan muncul jendela Welcome to myob Accounting, dan program siap digunakan.




sumber
komputer Akuntansi
Ery Hidayanti 
Ahmadi 

Posting Komentar untuk "APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI MYOB "