Macam-Macam Hubungan Telepon

telepon

Hubungan telepon adalah cara mengadakan hubungan langsung jarak jauh melalui alat elektronik dari satu pihak kepada pihak lain. Apabila ditinjau dari segi jarak jangkauannya, hubungan telepon dapat dikelompokkan menjadi empat macam sebagai berikut:

1. Hubungan Antar Bagian
Hubungan antar bagian (internal) merupakan hubungan langsung antara satu bagian dengan bagian lainnya dalam satu kantor.

2. Hubungan Lokal
Hubungan lokal (setempat) merupakan hubungan yang dilakukan komunikator dengan komunikan dalam satu lingkup daerah tertentu atau dalam satu kota. Pada hubungan ini tidak perlu menggunakan nomor kode area yang dituju.

3. Hubungan Interlokal
Hubungan interlokal merupakan hubungan telepon antara dua orang secara langsung dalam jarak yang jauh, misalnya antarkota atau antarprovinsi, tetapi tetap dalam satu negara.

Untuk melakukan hubungan ini penelepon terlebih dahulu harus menekan kode area yang dituju. Contohnya, apabila kita ingin menelepon ke Yogyakarta, kita harus menekan terlebih dahulu nomor kode area untuk Yogyakarta, yaitu 0274. Setelah menekan nomor kode area kemudian diikuti nomor telepon yang dituju.

4. Hubungan Internasional
Hubungan internasional (overseas call) merupakan hubungan telepon langsung jarak jauh dari seseorang atau organisasi di suatu negara dengan orang lain atau organisasi negara lain.

Permintaan hubungan telepon internasional dapat dilakukan dengan menekan lebih dahulu nomor 001 atau 008. Setelah itu, menekan nomor kode negara, nomor kode area, baru kemudian nomor telepon yang dituju.

Dalam hal melakukan hubungan internasional, penelepon harus memperhatikan perbedaan waktu antar negara agar tidak menyalahi etika bertelepon. Untuk melakukan hubungan diatas, penelepon bergantung pada jenis pesawat telepon.

Sekarang, di Indonesia telah menerapkan sistem sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) untuk hubungan interlokal dan sistem sambungan langsung internasional (SLI) untuk hubungan internasional.

Ditinjau dari cara kerjanya, hubungan telepon dapat dibagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut:

1. Hubungan Melalui Operator
Hubungan telepon jika dilakukan melalui operator, penelepon menekan nomor operator sentral untuk meminta hubungan perorangan. Berikan nama dan nomor telepon yang ingin dihubungi dan sebutkan juga nomor telepon pesawat sendiri.

Apabila sudah berhasil menghubungi nomor yang diinginkan, operator sentral akan meminta hubungan dengan orang yang dikehendaki dan menunggu sampai orang yang dituju siap untuk berbicara.

2. Hubungan Langsung
Hubungan langsung jarak jauh dilakukan dengan cara penelepon berhubungan langsung tanpa melalui operator. Dengan menekan kode atau nomor sambungan langsung jarak jauh, penelepon dapat langsung berbicara.

3. Hubungan Langsung dengan SMS
Hubungan langsung dengan SMS (short mesage service) dapat dilakukan sampai melintasi batas negara dengan menggunakan layanan pesan pendek. Komunikasi melalui SMS dapat dilakukan secara tertulis atau melalui suara (voice). Baca Pesan Suara (voice mail)

Layanan telepon jenis SMS banyak digemari karena biaya yang murah dan cepat. Disamping itu, pesan tertulis tersebut dapat langsung mengingatkan pesan tanpa harus menulis kembali.

Selanjutnya dapat dilihat Etika Bertelepon

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Hubungan Telepon"

Post a Comment