Akibat Yang Timbul Karena Tidak Menerapkan Ergonomi

Ergonomi merupakan tata cara, maupun aturan yang digunakan dengan tujuan untuk membuat pegawai yang bekerja di suatu ruangan kantor/institui menjadi nyaman pada saat bekerja. Silahkan baca Ergonomi di Perkantoran

Lalu bagaimana jika suatu kantor tidak menerapkan fungsi Ergonomi yang baik, maka akan menimbulkan beberapa akibat negatif bagi para pegawai yang bekerja di suatu perusahaan, jika pegawai merasa tidak nyaman bekerja di perusahaan maka hasilnya kinerja perusahaan secara menyeluruh juga akan terkena imbasnya.

Berikut ini beberapa efek negatif bagi karyawan yang tidak menerapkan ergonomi diperusahaan:
  1. Kelelahan, pegawai yang bekerja secara terus menerus dan tidak mengabaikan waktu istirahat, mengabaikan cara mengetik yang baik, duduk sembarangan akan rentan mengalami kelelahan. Tata letak kursi yang terlalu pendek atau terlalu tinggi akan membuat mengetik menjadi tidak nyaman.
  2. Kejenuhan, selain lelah hal lain yang sering terjadi pada pegawai karena tidak mengindahkan ergonomi pada saat bekerja adalah perasaan jenuh. Perasaan ini dapat membuat pegawai mengalami penurunan kinerja. Rasa jenuh dapat terjadi karena pengaturan ruangan selalu sama setiap waktu.
  3. Penyakit, penyakit dapat timbul karena lelah yang terus menerus tanpa ada pengobatan. Melihat layar komputer secara terus menerus awalnya akan membuat mata lelah, jika kelelahan itu dibiarkan terus menerus maka dapat menimbulkan kerusakan pada mata. Hal tersebut dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain, baik itu pinggang, kaki, leher, maupun kepala.
  4. Kematian, kematian merupakan tingkat paling ekstrim akibat tidak menerapkan ergonomi di perusahaan. Penggunaan peralatan beresiko tinggi secara tidak benar dapat mengakibatkan resiko fatal bagi pekerja. Misalnya jika penggunaan mesin-mesin produksi di pabrik tidak sesuai prosedur perusahaan, hal ini akan membahayakan operator mesin pabrik. 

Referensi:
Ika Widyanti, Administrasi Perkantoran, Yudistira
Rina Puspita Dewi, Menciptakan Naskah Dokumen,
http://www.clarkson.edu/risk_ehs/ergonomics

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Akibat Yang Timbul Karena Tidak Menerapkan Ergonomi"

Post a Comment