Tata Krama Dalam Jamuan Bisnis (Table Manner)

tata krama dalam jamuan bisnis
Tata krama dalam jamuan bisnis tentu saja berbeda dengan tata krama ketika sedang maka dirumah dalam acara jamuan makan keluarga. Tata krama dalam jamuan bisnis diperlukan ketika seorang diundang dalam acara makan oleh kolega bisnis.

Dalam tata krama secara umum terdapat etika dalam jamuan bisnis yang berlaku secara tidak tertulis, oleh karena itu seorang sekretaris hendaknya dapat menyesuaikan diri untuk beretika dengan baik sesuai dengan kebiasaan secara umum. Berikut ini tata krama jamuan bisnis atau biasa disebut Table Manner:
  1. Konfirmasikan janji pertemuan, termasuk waktu dan tempat sehari sebelumnya. 
  2. Usahakan datang 10 menit sebelum jamuan makan dimulai. Agar kita memiliki waktu untuk menyesuaikan diri dengan suasana. Waktu tersebut juga amat efektif jika di gunakan untuk persiapan. 
  3. Saat jamuan makan tiba kita mengambil tempat duduk. Setelah berbasa basi sebentar, letakkanlah serbet dipangkuan. Apabila hendak meninggalkan meja makan pada saat acara makan sedang berlangsung, letakanlah serbet pada kursi, bukan diatas meja. 
  4. Matikan atau silent kan alat komunikasi yang mengganggu acara tersebut. Hal ini bertujuan untuk tidak mengganggu konsentrasi ketika sedang makan dalam jamuan bisnis. 
  5. Jangan meletakkan benda-benda pribadi di atas meja, seperti kunci mobil, HP, alat kecantikan dan lain sebagainya, hal ini akan membuat meja menjadi penuh dan merusak pemandangan. 
  6. Pada saat makan usahakan menggunakan alat-alat makan yang tersedia dimulai dari deretan peralatan di sisi dan kanan. 
  7. Jagalah irama ketika sedang makan jangan bernafsu untuk menghabiskan makanan dengan cepat, karena tentu saja hal tersebut akan mengesankan bahwa anda rakus. Sebaliknya juga jangan terlalu pelan sehingga orang akan mengira bahwa anda kurang selera terhadap makanan yang tersedia. 
  8. Jangan bersendawa terlalu keras sehingga terdengar. Hindari menguap tanpa menutup mulut, karena hal ini mengesankan etiket yang tidak baik. 
  9. Bagi seorang wanita, jangan meninggalkan noda lipstik pada gelas. 
  10. Janganlah mengoreksi rias wajah dihadapan rekan bisnis, seandainya ingin dilakukan, lakukanlah di toilet.
Sebagai seorang sekretaris sudah seharusnya etika seperti diatas dikuasai dan dapat diaplikasikan, mengingat tugas sekretaris terkadang mendampingi pimpinan dalam acara seperti ini. Tampilah dengan sikap profesional dan dengan tata cara berbicara yang baik ketika makan, karena hal ini juga dapat mencerminkan sikap profesional seorang sekretaris yang baik.

Selanjutnya silahkan baca Cara Berbicara Dalam Undangan Makan Bisnis

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tata Krama Dalam Jamuan Bisnis (Table Manner)"

Post a Comment