Cara Berbicara Dalam Undangan Makan Bisnis

Kegiatan makan bersama rekan sejawat maupun rekan bisnis menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia industri. Tujuan jamuan bisnis adalah untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai kegiatan yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak, namun untuk mencapai kesepakatan tersebut dilakukan dalam suasana yang santai pada saat jamuan makan berlangsung.

Jamuan bisnis tidak semudah acara jamuan makan biasa, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata karama jamuan undangan bisnis. Hal utama yang harus diperhatikan dalam undangan makan bisnis adalah tata cara berbicara selama acara makan berlangsung.

Makan dan minum sebenarnya hal yang mudah dan merupakan naluri setiap manusia, namun berbicara ketika sedang makan pada acara bisnis merupakan hal lain, pada acara jamuan bisnis banyak kolega yang datang dengan maksud membicarakan persoalan bisnis, jadi jagalah sikap berbicara ketika sedang makan untuk menampilkan kesan baik kepada kolega.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2005: 165) berbicara adalah “beromong, bercakap, berbahasa, mengutarakan isi pikiran melisankan sesuatu yang dimaksudkan”, berbicara akan efektif jika kita benar-benar konsentrasi ketika sedang berbicara. Demikian juga pada saat berada dalam undangan jamuan makan bisnis, ada tata cara berbicara yang baik. Secara umum tata cara berbicara selama jamuan bisnis adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan basa-basi sejenak sebelum acara makan dimulai. Carilah pembicaraan yang ringan seperti menanyakan hobi kolega untuk membuka pembicaraan.
  2. Jangan mengutarakan masalah yang sensitif, seperti masalah pribadi, politik, sara, yang mungkin dapat menimbulkan salah paham.
  3. Apabila mengundang lebih dari satu rekan bisnis, pembicaraan jangan hanya terfokus pada satu orang, libatkanlah orang lain.
  4. Basa basi jangan terlalu meluas, mulailah berbicara kepada masalah bisnis yang dibicarakan.
  5. Berbicara secara teratur dan sopan setelah makanan ditelan dan bibir telah bersih setelah diusap menggunakan serbet.
  6. Ketika berbicara hendaknya mulut dibuka secukupnya, gigi usahakan tidak terkancing agar suara dapat terdengar jelas.
  7. Sewaktu berbicara hendaknya mengambil jarak sesuai dengan orang yang anda ajak bicara, tidak terlalu dekat maupun tidak terlalu jauh, agar volume suara mudah terdengar dengan baik.
  8. Aturlah irama atau kecepatan makan anda dengan baik, jangan terlalu cepat  atau terlalu lambat. Karena yang diutamakan pada jamuan makan bisnis bukan untuk menghabiskan makanan melainkan mengutarakan maksud kepada kolega kita tadi.
Sebagai seorang sekretaris sudah seharusnya etika seperti diatas dikuasai dan dapat diaplikasikan, mengingat tugas sekretaris terkadang mendampingi pimpinan dalam acara seperti ini. Tampilah dengan sikap profesional dan dengan tata cara berbicara yang baik ketika makan, karena hal ini juga dapat mencerminkan sikap profesional seorang sekretaris yang baik.

Refrensi:
Drs. E. Juhana Wijaya, Bekerjasama Dengan kolega Pelanggan, Armico
http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Berbicara Dalam Undangan Makan Bisnis"

Post a Comment