Fungsi-Fungsi Excel Untuk Program Pengolah Angka/Spreadsheet

logo spreadsheet
spreadsheet

Pada program pembelajaran paket program pengolah angka atau biasa disebut spreadsheet, aplikasi utama yang digunakan adalah microsoft excel. Seperti kita ketahui program excel memiliki banyak sekali fungsi-fungsi yang menunjang bagi kerja perhitungan.

Berikut ini kami informasikan fungsi-fungsi apa saja yang harus dikuasai pada mata pelajaran spreadsheet. Diharapkan dengan paham dengan fungsi tersebut, akan dapat membuat siswa/i menguasai materi spreadsheet dengan baik.

Fungsi-Fungsi Program Pengolah Angka


  1. Mengolah data menggunakan rumus matematika. Pada rumus matematika spreadsheet membutuhkan fungsi SUM dan SUMIF.
  2. Mengolah data Menggunakan Fungsi Statistik. Untuk fungsi statistik pada spreadsheet harus menguasai fungsi AVERAGE, MAX, MIN.
  3. Mengolah data Menggunakan rumus Absolut dan Semiabsolut. Kedua rumus tersebut juga mesti dikuasai dengan baik.
  4. Mengolah data Menggunakan Fungsi Logika. Fungsi logika yang dipelajari untuk spreadsheet adalah fungsi IF, AND, OR.
  5. Mengolah data menggunakan fungsi Lookup. Terdapat dua macam fungsi lookup yakni fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.
  6. Mengolah data menggunakan fungsi Finansial. Fungsi finansial pada spreadsheet yang sering digunakan adalah fungsi PV, FV, PMT, fungsi untuk menghitung penyusutan.
  7. Menyajikan data menggunakan Grafik. Pada fungsi terakhir ini dituntut untuk menguasai pembuatan grafik guna menampilkan data-data keuangan perusahaan agar lebih menarik untuk dilihat.
Ketujuh fungsi-fungsi diatas harus dapat dikuasai siswa/i guna menguasai mata pelajaran spreadsheet. Semoga cuplikan fungsi diatas berguna bagi pembelajaran siswa/i khususnya jurusan Akuntansi dan Perbankan.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Fungsi-Fungsi Excel Untuk Program Pengolah Angka/Spreadsheet"