Materi Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan

Nama pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan merupakan mata pelajaran baru pada SMK jurusan Administrasi Perkantoran. Pelajaran ini termasuk pada Paket Keahlian (C3) pada struktur kurikulum SMK Administrasi Perkantoran.

Mata pelajaran ini di ajarkan selama dua tahun pelajaran yaitu pada kelas XI dan Kelas XII. Dengan jumlah jam tatap muka pada kelas XI sebanyak 5 JP, kelas XII sebanyak 7 JP. Jumlah jam tatap muka mata pelajaran keahlian memang tergolong banyak, mengingat mata pelajaran ini merupakan kompetensi penting yang membantu siswa untuk terjun bekerja maupun membuka usaha.

Berikut ini Materi Pelajaran Administrasi Humas yang diberikan pada Kelas XI Administrasi Perkantoran selama 1 tahun kami rangkum berdasarkan silabus kurikulum 2013 mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan.

Semester 1
Pengertian Humas (hubungan masyarakat) 
Media humas 
Macam-macam humas
Profil humas.
Organisasi profesi humas.
Kegiatan internal/eksternal public relation

materi humas dan keprotokolan

Semester 2
Pengertian Pertemuan/rapat
Teknik penyelenggaran rapat.
Bentuk-bentuk rapat.
Mebuat layout atau Tata ruang rapat.
Prosedur pelaksanaan rapat.
Sistematikan penulisan notula

Dapat kita lihat berdasarkan materi yang diajarkan diatas, ternyata materi tentang rapat masuk pada materi Administrasi Humas dan Keprotokolan. Padahal pada kurikulum sebelumnya pelajaran tersebut berdiri sendiri dengan nama Mengelola Pertemuan/Rapat.

Ternyata setelah kalau disimak lebih teliti, ternyata mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan berisi gabungan mata diklat pada kurikulum sebelumnya, gabungan mata diklat itu dijadikan satu paket dengan tujuan menyederhanakan materi sekaligus membuat beberapa mata diklat yang sama diajarkan secara menyeluruh dan berkesinambungan.

Beberapa mata pelajaran diatas sudah kami terbitkan di blog ini, silahkan anda cari pada kolom search di sebelah kanan atas menu utama.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Materi Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan"

  1. Bagus, boleh bila ada soal humas dan keprotokolan disertai dengan kisi2 dan kartu soal

    ReplyDelete