Pengaturan Tempat Duduk Sewaktu Rapat

Setiap instistusi atau perusahaan sudah pasti akan menggelar berbagai jenis pertemuan baik rapat koordinasi, rapat mingguan, bulanan, atau tahunan. Rasanya tidak ada suatu organisasi tanpa ada rapat didalamnya. Baik rapat yang diadakan bersifat formal maupun rapat informal. Untuk itu setiap kantor sudah pasti memiliki ruangan rapat tersendiri.

Ukuran ruang rapat masing-masing instansi pasti berbeda begitu juga jumlah karyawan di kantor tersebut. Ukuran ruang rapat dan jumlah karyawan inilah yang mempengaruhi bentuk-bentuk ruang rapat di tiap perusahaan.

Terdapat berbagai bentuk pengaturan tempat duduk sewaktu rapat, pengaturan tempat duduk tersebut memiliki tujuan masing-masing. Diantaranya adalah:

1. Gaya Klasikal
Gaya klasikal merupakan pengaturan tempat duduk rapat dengan jumlah peserta rapat yang banyak. Gaya klasikal ini cocok diterapkan jika rapat tersebut bersifat pemberian informasi. Contoh pengaturan tempat duduk ini antara lain diterapkan di sekolah, seminar, atau rapat kelurahan.

gaya klasikal

2. Gaya Konferensi
Pengaturan tempat duduk tipe ini memungkinkan semua peserta merasa dihargai dan menimbulkan semangat kerja sama team work. Pengaturan tempat duduk semacam ini sering digunakan pada saat rapat pemecahan masalah.
gaya konfrensi
3. Gaya Huruf U
Pengaturan tempat duduk rapat ini seperti huru U jika dilihat dari atas, pengaturan tempat duduk dengan bentuk seperti ini bisa juga digunakan untuk rapat pemecahan masalah.

bentuk huruf U
4. Round Table
Round table atau meja berbentuk lingkaran sangat cocok untuk pengaturan rapat pada saat diskusi kelompok atau juga workshop, pengaturan tempat duduk seperti ini membuat rapat menjadi rileks namun tetap formal.
Gaya Round Table
Itulah empat pengaturan tempat duduk pada saat rapat, mungkin di perusahaan/institusi anda memiliki jenis pengaturan tempat duduk yang berbeda, hal tersebut wajar sekali mengingat pengaturan tempat duduk sewaktu rapat tidak bersifat mutlak, tata ruang rapat dapat dibuat sendiri namun pengaturannya harus tetap memperhatikan kebutuhan rapat itu sendiri.

Selain pengaturan tempat duduk, ada hal lain yang harus diperhatikan pada saat akan mengadakan pertemuan/rapat silahkan dibaca 4 Faktor Penting Pada Tata Ruang Kantor

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengaturan Tempat Duduk Sewaktu Rapat"

Post a Comment