Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Faktor Penyebab Memilih Ekskul

Setelah artikel yang lalu membahas 3 Ekskul terpopuler di SMA/SMK maka kali ini kita akan bicarakan faktor yang menyebabkan para siswa memilih kegiatan ekskul di sekolah. Dari keseluruhan murid di sekolah SMA/SMK hanya sedikit yang akan masuk pada kegiaatan penunjang kurikuler ini. Kebanyakan siswa lainnya setelah pulang sekolah, maka langsung pulang seperti biasa.
ilustrasi

Dan jika sudah berada di rumah pun, kegiatan para siswa kebanyakannya istirahat, tidur ataupun sekedar menonton televisi. Lalu sebagian kecil siswa yang mengikuti ekskul tersebut berada dimana?, sudah pasti mereka di sekolah mengikuti kegiatan ekskul tersebut. Kenapa mereka senang mengikuti kegiatan ekskul tersebut?. Berikut beberapa faktor penyebab siswa mengikuti kegiatan Ekstra Kurikuler dan jenis ekskul yang dikuti.

Minat
Minat atau hoby adalah faktor paling penting dalam penentuan ekskul yang akan diikuti. Siswa dengan hoby bermain sepak bola dan sangat menggandrunginya dapat dipastikan akan memilih ekskul sepak bola disekolahnya. Sama halnya dengan siswi yang gemar berdandan lebih senang bergabung dalam kegiatan ekskul tata rias disekolahnya.

Ekskul tersebut populer disekolah
Selain minat yang tinggi namun ekskul yang dimaksud tidak populer disekolah, atau kalah bersaing dengan ekskul-ekskul lain, bisa saja siswa juga tidak tertarik, dan malah beralih pada ekskul lainnya. Populernya ekskul tersebut membuat kegiatannya dijalankan dan dimanagemen sedemikian rupa, dari perekrutan anggota baru, jadwal pelatihan di prioritaskan, sampai peralatan yang lengkap dan baru. Dengan semakin profesional ekskul tersebut membuat ekskul tadi menjadi banyak diminati para siswa.

Faktor Pengajar/Pengurus Ekskul
Walau terkadang kurang berminat pada kegiatan ekskul tertentu namun jika siswa merasa memiliki kedekatan dengan pengajar atau pengurus ekskul. Maka siswa tersebut mau untuk mengikuti ekskul dengan predikat mencoba terlebih dahulu. Siswa-siswa ini ingin mencoba terlebih dahulu ekskul tersebut dikarenakan sudah kenal dan yakin dengan pengajar atau pengurus ekskul tersebut.

Mengikuti Teman
Terkadang ada saja siswa yang jika ditanya alasannya mengikuti kegiatan ekskul di sekolah hanya karena mengikuti teman yang bergabung dalam ekskul yang sama. Ternyata perasaan nyaman bersahabat juga berlangsung sampai pada pemilihan ekskul yang akan diikuti. Biasanya orang yang mengikuti temannya dan tidak minat apalagi ahli di ekskul tersebut, maka seringnya siswa seperti ini paling awal resignnya.

Sebetulnya ada banyak lagi faktor yang dapat mempengaruhi seorang siswa memilih jenis ekskul yang terdapat disekolah, namun keempat faktor diatas layak menjadi penyebab siswa memilih jenis ekskul di sekolah.


Posting Komentar untuk "4 Faktor Penyebab Memilih Ekskul"