Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Ekskul Terpopuler di SMA/SMK

Kegiatan ekstra kurikuler merupakan program aktivitas yang diikuti siswa diluar waktu belajar disekolah. Berbagai macam kegiatan ini dipastikan selalu ada di setiap sekolah dimanapun, tidak terkecuali di Indonesia. Jenis kegiatan ekskul pun beraneka ragam, namun pada intinya bertujuan membentuk karakter, meningkatkan keterampilan serta menambah wawasan siswa yang mengikutinya.

Berikut ini beberapa ekstra kurikuler yang paling sering diikuti siswa - dalam hal ini siswa SMA/SMK - di sekolah.

1. Pramuka
Kegiatan pramuka pada kurikulum 2013 memang menjadi ekstra kurikulum wajib di sekolah. Pramuka menjadi wadah candra dimuka pembangun karakter generasi muda melalui program-program yang membentuk disiplin para siswa. Pramuka sudah digandrungi sejak dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, SMA, bahkan sampai bangku perkuliahaan pramuka tetap eksis.
pramuka

Selain disiplin yang tertanam kuat pada para siswa yang ikut di ekskul ini, salah satu karakter yang menonjol adalah kebersamaan dan kekeluargaan. Hal ini dapat tercermin dari saling bekerjasama erat satu sama lain antar siswa pramuka tersebut.

2. Drum Band
Selain pramuka ekskul drum band juga menjadi daya tarik bagi para siswa di sekolah, bahkan banyak sekolah yang menonjolkan kegiatan ekskul drum band sebagai ikon disekolah tersebut dengan harapan merekrut banyak siswa baru. Tentu saja perilaku sekolah ini masih dibenarkan dalam taraf kualitas pendidikan di sekolah tidak diabaikan hanya demi membangun citra semata.

Pesona ekskul ini diakui memang mampu menarik minat masyarakat sekitar, apalagi bila diacara tertentu ditampilkan drum band dengan performa yang berkualitas. Tapi apakah minat masyarakat menyaksikan drum band searah dengan keinginan memasukkan anak pada sekolah pemilik drum band tersebut?, sepertinya hal ini masih perlu dipertanyakan.

3. Futsal
Hampir di setiap sekolah di kota besar sudah memilliki ekskul futsal, alasanya tentu karena banyak peminatnya di kalangan pelajar putra. Tenar futsal dan drum band dalam sudah selayaknya disejajarkan, dan dalam beberapa tahun belakangan ini popularitasn futsal sudah melewati drum band.

Futsal menjadi olahraga alternatif pengganti sepakbola karena sulitnya lapangan sepakbola di daerah perkotaan. Pemain futsal ini dapat dipastikan tidak hanya bermain di lingkungan sekollahnya saja, namun seringnya mereka juga berlatih dan bermain di klub atau bersama teman-teman di lingkungan rumahnya.

Ketiga ekskul diatas merupakan ekskul paling terpopuler sepanjang pengamatan kami, bisa saja ekskul-ekskul tersebut tidak menjadi terpopuler di sekolah lain dikarenakan perbedaan kultur, minat, maupun kemajemukan masyarakatnya.

Apakah di tempat Saudara juga demikian?.

Posting Komentar untuk "3 Ekskul Terpopuler di SMA/SMK"