Masalah Dalam Penulisan Resume


Istilah resume atau daftar riwayat hidup memang bukan sesuatu yang baru bagi orang yang telah memasuki pintu gerbang dunia kerja, karena merupakan salah satu prasyarat penting pada saat memasuki dunia kerja atau melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi pemerintah.

Pembuatan resume dapat dilakukan sendiri dengan mengetik informasi pribadi dari awal pendidikan hingga akhir pendidikan dan lain sebagainya. Namun secara mudah format resume instan dapat diperoleh dengan mudah pada toko alat-alat tulis dengan harga yang sangat murah.

Saat membuat resume, Anda harus berfikir dengan pola pikir pembaca Anda, dalam hal ini perusahaan yang mencari kerja. Apa yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari kerja haruslah dijadikan acuan dalam membuat resume.

Berikut ini beberapa masalah yang kerap muncul berkaitan dengan pembuatan resume.

  • Resume dibuat terlalu panjang, sehingga terkesan tidak tegas dan kemungkinan besar memasukkan data yang tidak relevan sehingga informasi yang disampaikan tidak mencapai sasaran.
  • Resume yang ditulis terlalu singkat, sehingga tidak memberikan informasi/data yang cukup bagi pembaca untuk melakukan penelaahan lebih dalam.
  • Format penulisan resume kurang baik, inden tidak konsisten, kurang memperhatikan tanda baca, dan sejenisnya, sehingga isi resume sulit dipahami.
  • Terlalu banyak menggunakan kalimat yang bersifat kompleks. Alangkah baiknya jika kalimat yang digunakan bersifat sederhana atau simple.
  • Resume mengandung banyak kesalahan ketik/tulis dan yang lebih fatal kesalahan dalam penyusunan kalimat.
  • Pelamar tidak dapat menunjukkan secara tegas dalam resume tujuan pekerjaan yang dikehendaki maupun posisi dan bidang pekerjaaan apa yang diminati/diinginkan.
  • Pelamar menampakkan keyakinan yang berlebihan sehingga mungkin pembaca ragu terhadap resume yang dibuat, apakah data dalam resume memang realistis.
  • Ada pelamar yang tidak jujur saat mencantumkan data dalam resume. Sebagai contoh, ia menyatakan mampu mengaplikasikan berbagai program komputer namun setelah diuji hasilnya mengecewakan.
Berbagai masalah yang dihadapi dalam pembuatan resume membuat seseorang dituntut lebih berhati-hati ketika membuat resume.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Masalah Dalam Penulisan Resume"

Post a Comment