Alat Komunikasi Kantor

Alat komunikasi kantor merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan pada saat ini. Peralatan ini memudahkan tiap pegawai berkomunikasi dengan pegawai lainnya. Atau perusahaan berkomunikasi dengan perusahaan lainnya.

Karena vitalnya fungsi alat komunikasi ini, sering sekali kantor memiliki lebih dari satu jenis alat komunikasi. Hal ini karena perusahaan tidak ingin kehilangan pelanggan hanya karena komunikasi tidak lancar. Begitu juga pimpinan terhadap para karyawan.

Jenis peralatan komunikasi kantor semakin berkembang pesat, seiring berkembangnya kemajuan teknonologi, jika dahulu komunikasi menggunakan sarana surat sebagai tulang punggung mengirim berita, surat telah beralih fungsi menjadi surat elektrik (e-mail).

Lalu apa saja alat komunikasi kantor pada masa kini?, berikut ini beberapa peralatan komunikasi pada kantor:


1. Surat
Surat merupakan peralatan komunikasi paling kuno dan masih dipakai hingga saat ini. walaupun peranan surat sudah semakin tergusur karena perkembangan teknologi. Namun surat masih dipandang perlu untuk mengabarkan informasi yang bersifat rahasia atau penting.

Baca Pengertian dan Jenis-Jenis Surat

surat
surat sebagai alat komunikasi kantor

2. Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi kantor yang sering digunakan untuk menghubungi relasi atau langganan di luar perusahaan tersebut. Penggunaan telepon sangat massive digunakan karena majunya perkembangan teknologi pada saat ini.

Baca Telepon dan Perkembangannya


telepon
telepon

3. Handphone
Handphone atau telepon genggam merupakan generasi baru dari telepon, jika telepon hanya digunakan pada kantor atau rumah (karena sifatnya menggunakan kael telepon), maka untuk mengantisipasi kegiatan pegawai yang semakin sibuk bahkan sampai ke luar ruangan, maka alat komunikasi portable yang bebas digunakan dimana pun mutlak diperlukan.

Untuk mengatasi hal tersebutlah Handphone menjadi alat komunikasi andalan sampai saat ini.

Baca Jenis dan Fungsi Telepon Seluler

handpon
handphone sebagai alat komunikasi paling populer

4. Email
Email merupakan surat yang diketik dan dikirim secara elektronik. Bersama handphone email menjadi alat komunikasi kantor yang sangat efisien. Email dapat mengirim surat dengan mudah, murah, cepat, dan dapat mengirim dalam jumlah yang banyak secara bersamaan.

Baca Kekurangan dan Kelebihan Email


logo email

5. Faximile
Faximile atau sering disebut fax merupakan alat komunikasi yang dapat mengirimkan "copian" surat dengan mudah. Faximile menggabungkan kombinasi telepon dan surat. Cara kerja faximile adalah dengan men-scan surat yang sudah dicetak kemudian mengirimkan file hasil scan tersebut kepada mesin fax yang dituju.

Baca Cara Menggunakan Faximile


faximile

6. Intercom/Aiphone
Intercom merupakan singkatan dari inter comunication. Intercom sangat dibuhkan pada suatu perusahaan yang memiliki unit bagian yang banyak. Cara kerja intercom sama seperti telepon, yang membedakannya adalah pada intercom tidak memerlukan sambungan telepon berbayar (tidak terkena biaya). Sehingga penggunaanya sangat hemat.

aiphone
intercom
Selain keenam alat komunikasi kantor diatas, terdapat juga alat komunikasi lainnya yang dapat juga digunakan untuk melakukan hubungan komunikasi dengan pihak lain seperti:

  • Radio
  • Televisi
  • Majalah
  • Koran
  • Media Sosial (Facebook, twitter, dll)
Namun media lainnya tidak/belum berpengaruh banyak terhadap perkembangan komunikasi di kantor.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Alat Komunikasi Kantor"

  1. Terimakasih artikelnya bagus dan menarik bagi saya yang sedang memulai usaha dalam pembuatan office ornament seperti Pot bunga stainless dan
    Tempat sampah stainless

    ReplyDelete