Surat Ucapan Terima Kasih, Belasungkawa, Ucapan Selamat

Berbagai surat ucapan sering kita jumpai sehari-hari baik itu secara individu maupun secara organisasi. Bermacam ucapan tersebut antara lain Surat Ucapan Terima Kasih, Ucapan Belasungkawa, Ucapan Selamat. Dan surat ucapan lainnya.

Surat Pernyataan Terima Kasih

Surat terima kasih ditujukan kepada seseorang yang telah melakukan hal yang sangat penting, menyenangkan, atau mendatangkan manfaat bagi kita (misalnya: bantuan, undangan makan, wawancara, memberi tempat untuk menginap dan lain sebagainya.

Isi surat ucapan terima kasih lebih banyak mengandung makna kesopanan dan respek yang dituangkan secara tulus untuk menggambarkan perasaan senang atas perlakuan baik yang telah diterima dari orang lain.

Berbagai kalimat-kalimat penting dalam surat pernyataan terima kasih dapat dilihat dibawah ini:
  1. Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Saudara untuk menuliskan surat referensi kepada PT Taruna Jaya untuk kepentingan saya.
  2. Terima kasih atas kebaikan Saudara; perjalanan bisnis saya sangat menyenangkan berkat Saudara.
  3. Saya ingin menyampaikan banyak terima kasih atas usaha Saudara.
  4. Waktu Saudara sangat berharga dan saya yakin tidaklah mudah untuk mengganggu jadwal kesibukan Saudara. Namun, apa yang telah Saudara lakukan untuk saya adalah sangat penting.
  5. Setelah saya mengadakan pertemuan dengan Saudara dan para karyawan lainnya di Perusahaan Saudara hampir sepanjang hari pada senin yang lalu, sungguh menyenangkan memperoleh kesempatan beristirahat di tempat tinggal Saudara yang indah itu.
ucapan terima kasih
ucapan terima kasih

Surat Ucapan Selamat

Banyaknya orang yang sibuk dalam berbagai bidang seperti kegiatan bisnis, politik, pemerintahan, sosial, keagamaan, dan bidang lain.  Membuat kita sering melihat orang mengucapkan selamat atas prestasi atau rezeki yang telah diterima oleh orang lain di berbagi bidang tersebut.

Dalam pergaulan profesional, untuk memupuk hubungan agar lebih harmonis selayaknyalah mengucapkan selamat atas prestasi atau rezekinya tersebut.

Kalimat-kalimat yang sering digunakan pada surat ucapan selamat adalah sebagai berikut:
  1. Saya gembira karena saya tahu Anda telah giat bekerja selama bertahun-tahun bersama Indomaret.
  2. Selamat dan semoga berhasil Jaka, atas posisi Anda yang baru sebagai pemimpin.
  3. Saya gembira mendengar Anda terpilih sebagai pimpinan Perusahaan PT Buana Citra.
  4. Saya beruntung memiliki seseorang yang berdedikasi seperti Anda yang memiliki jiwa kepemimpinan untuk posisi penting ini.
  5. Selamat atas pengangkatan Anda sebagai Partern Jaka Tour and Travel.

Ucapan Belasungkawa

Ucapan belasungkawa disampaikan kepada seseorang yang sedang mengalami musibah atau peristiwa lain yang menyedihkan. Pesan yang tertulis dalam surat bela sungkawa ini menyatakan rasa turut berduka cita agar pernyataan tersebut dapat mengobati kesedihannya.

Kepada seseorang yang sudah lama kita kenal atau berhubungan akrab, ucapan belasungkawa bisa disampaikan melalui kartu, surat, maupun karangan bunga.

Kalimat-kalimat yang sering digunakan pada ucapan belasungkawa adalah sebagai berikut.
  1. Saya telah mengetahui kehilangan yang sangat menyedihkan yang Anda rasakan.
  2. Saya ingin menyampaikan betapa saya turut berduka cita.
  3. Walaupun hanya beberapa hari saya sempat mengalami saat-saat yang menyenangkan bersama Ibu Anda, saya tahu betul bahwa beliau sangat menyayangi dan bangga terhadap Anda.
  4. Saya telah mendengar kabar bahwa Lina meninggal dunia. Saya merasa sangat sedih dan ingin menyampaikan duka cita yang tulus dan dalam.
  5. Terimalah rasa duka cita saya yang dalam ini, juga untuk keluarga anda.
Materi lainnya dapat dilihat pada Fungsi dan Contoh Memorandum

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Surat Ucapan Terima Kasih, Belasungkawa, Ucapan Selamat"

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

    http://karanganbungapapanblog.wordpress.com

    ReplyDelete