Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Sistem Informasi

Setiap organisasi perusahaan mempunyai sejumlah informasi yang berbeda satu sama lain, dimana sistem tersebut memberikan informasi secara terus-menerus kepada pihak pemakai pada semua tingkat. Selain itu, sistem informasi yang dikembangkan pun untuk tujuan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan perusahaan, mulai dari pendidikan, sosial industri, dan masih banyak lagi.

Berikut ini jenis-jenis sistem informasi yang terdapat pada perusahaan:
  1. Sistem informasi akuntansi (accounting information system), sistem informasi ini menyediakan informasi mengenai transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi pemasaran (marketing information system), menyediakan informasi untuk  dan penjualan, promosi penjualan, kegiatan pemasaran, riset pemasaran, dan sebagainya.
  3. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information system) menyediakan informasi persediaan bahan pokok, barang setengah jadi, dan barang yang dijual.
  4. Sistem informasi personalia (personal information system) menyediakan informasi kepegawaian.
  5. Sistem informasi distribusi (distribution information system) menyediakan informasi pengiriman produk.
  6. Sistem informasi pembelian (purchasing information system)  menyediakan informasi kebutuhan barang dan bahan yang harus dibeli.
  7. Sistem informasi kekayaan (treasury information system) 
  8. Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information system),  menyediakan informasi tentang calon nasabah dan nasabah.
  9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and developmnet information system), menyediakan informasi kebutuhan pelatihan dan promosi karyawan.
  10. Sistem informasi analisis software, menyediakan informasi perangkat lunak penunjang sistem informasi organisasi
  11. Sistem informasi teknik (enginering information system), menyediakan informasi memenuhi kebutuhan pemeliharaan mesin dan instalasi listrik.
  12. Sistem inforamasi rumah sakit (hospital information system), menyediakan informasi untuk meningkatkan pelayanan ruamh sakit.

jenis-jenis sistem informasi

Jenis-jenis informasi diatas menandakan bahwa informasi yang cepat dan akurat dibutuhkan di berbagai bidang baik secara online maupun offline.

Untuk membangun informasi handal tersebut dibutuhkan system informasi manajemen (SIM) yang mampu menampung dan mengolah informasi dari tiap-tiap subsistem informasi secara lebih tepat dan akurat dalam setiap penggunaanya.

SIM mampu menolong lembaga-lembaga bidang apapun dalam mengintegrasikan data, mempercepat dan mengolah data secara sistematis, meningkatkan kualitas informasi, mendorong terciptanya layanan-layanan baru, meningkatkan kontrol, mengotomatisasikan sebagian pekerjaan rutin, menyederhanakan alur registrasi, dan lain sebagainya.

Dasat aplikasi yang digunakan pada sistem informasi adalah database yang mampu mengolah kumpulan data menjadi informasi yang dibutuhkan penggunanya.

Sebelumnya dapat dibaca materi Teknik Manajemen Waktu

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Sistem Informasi"