Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disajikan harus memenuhi karakteristik informasi tertentu, sehingga informasi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik untuk mengambil keputusan. Informasi yang tidak memiliki kualitas sebagai informasi dapat menyesatkan pihak-pihak yang akan mengambil keputusan berdasarkan laporan keuangan tersebut.

Informasi akuntansi yang berkualitas antara lain harus memenuhi karakteristik kualitatif laporan keuangan. Terdapat empat karakteristik kualitatif laporan keuangan, yaitu dapat dipahami, relevan, dapat diandalkan, dan dapat dibandingkan.

1. Dapat Dipahami
Karakteristik yang pertama adalah dapat dipahami, yang berarti informasi di laporan keuangan harus mempunyai kemudahan untuk segera dapat dipahami oleh pengguna laporan keuangan. Laporan keuangan yang mudah dipahami harus memiliki ciri relevan dan materialistis.

2. Relevan
laporan keuanganRelevan, yaitu informasi yang disajikan harus relevan dengan kebutuhan pengguna laporan keuangan dalam mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini, dan masa depan yang digunakan untuk proses pengambilan keputusan ekonomi.

3. Keandalan
Keandalan, berarti informasi akuntansi harus andal (reliable), berarti memiliki kualitas yang bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandalkan penggunaannya sebagai penyajian yang tulus dari yang seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkan dapat disajikan.

4. Dapat Dibandingkan
Berarti informasi akuntansi harus dapat diperbandingkan antarpriode untuk mengidentifikasi kecendrungan posisi dan kinerja keuangan. Selain itu, juga harus dapat di perbandingkan dengan laporan keuangan antar perusahaan. Oleh karena itu, laporan keuangan harus disajikan secara konsisten dan umumnya disajikan minimum untuk dua priode.

Artikel sebelumnya silahkan baca Pertimbangan Dalam Memilih  Bentuk Badan Usaha

Posting Komentar untuk "Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan"