Prinsip Dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja tergolong pekerjaan yang gampang-gampang susah, sebab untuk menulisnya kita harus pintar mencari kata yang tepat untuk mengutarakan dengan baik seluruh informasi yang akan kita sampaikan. Untuk menulis surat lamaran kerja dengan baik ada beberapa prinsip yang dapat menarik perhatian pembaca.

Prinsip yang dapat digunakan adalah pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Pendekatan AIDA lebih menekankan pada sikap Anda dan manfaat yang didapatkan oleh pembaca. Berikut ini secara rinci pendekatan AIDA tersebut.

1. Attention (Perhatian)

Prinsip perhatian dapat diartikan bahwa dalam penulisan lamaran kerja, seorang pelamar harus dapat meyakinkan kepada pihak lain bahwa dia memiliki sesuatu yang bermanfaat atau dapat menumbuhkan rasa tertarik bagi pihak lain tersebut.

Kemukakanlah ide/gagasan yang membuat mereka tertarik membacanya lebih lanjut. Disamping itu seorang pelamar juga dapat menginformasi dari mana ia mendapatkan informasi lowongan kerja dan alasan mengapa ia tertarik pada posisi/jabatan pekerjaan tersebut. Dengan kata lain, pada paragraf pertama ungkapkan dengan suatu hal yang menarik.

prinsip dalam penulisan surat lamaran kerja

2. Interest (Menarik)

Prinsip Interest dapat diartikan bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja harus dapat menarik perhatian pihak lain dengan menjelaskan relevansi pesan-pesan yang disampaikan kepada mereka. Dalam hal ini, seorang pelamar kerja perlu menjelaskan kualifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan ia yakin dengan kemampuannya tersebut dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

3. Desire (Hasrat)

Prinsip hasrat diartikan bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja pencari kerja harus dapat menumbuhkan hasrat keinginan pihak lain untuk mengetahui lebih lanjut apa yang sudah ia tuliskan pada lamaran tersebut menggunakan bukti-bukti yang ada.

4. Action (Tindakan)

Prinsip Action berarti bahwa dalam penulisan surat lamaran kerja seorang pelamar kerja harus dapat memberikan saran kepada pihak lain untuk mengambil suatu tindakan tertentu berkaitan dengan harapan keinginan menulis surat tersebut. Contohnya adalah menawarkan diri untuk diwawancarai oleh pihak pemberi kerja. Biasanya harapan atau keinginan pelamar kerja untuk mengikuti wawancara kerja dapat dituangkan dalam paragraf terakhir.

Artikel yang berkaitan silahkan baca Pertanyaan Penting Pada Saat Interview

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Prinsip Dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja"

Post a Comment