Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tipe-Tipe Peserta Rapat

Pada saat rapat berlangsung, pasti kita selalu melihat berbagai sifat peserta rapat, ada yang cendrung suka berdebat, suka memberikan pendapat, menyerang, dan bahkan - ini yang paling sering - tipe pendiam. Berikut ini kita akan sedikit mengulas sifat-sifat peserta rapat.

1. Tipe Pemersatu

Tipe ini senang dengan persatuan dan kedamaian, biasanya bertindak sebagai juru damai, menjadi penengah bagi teman-teman yang bersengketa. Orang dengan tipe ini biasanya bersifat, berjiwa besar, pengertian, tekun, sabar, ulet, dan toleran.

2. Tipe Pendengar

Tipe ini termasuk tipe yang pasif, tidak turut memberikan andil pada saat rapat berlangsung. Biasanya sifat orang dengan tipe pendengar ini adalah pendiam (jarang berbicara). Ciri-ciri orang dengan tipe pendengar ini biasanya kurang percaya diri, kurang pengalaman, kurang bergaul, kurang percaya diri.

3. Tipe Penyerang

Peserta rapat ini bersifat suka menentang, sering berdebat dan menantang pendapat orang lain sehingga sering menimbulkan perdebatan dan perpecahan. Oleh karena itu, pemimpin rapat harus bertindak cepat dan tepat pada waktu pengambilan keputusan.

peserta rapat
Tipe peserta rapat

4. Tipe Inisiatif

Peserta rapat tipe ini sangat dinanti kehadirannya pada saat rapat, mereka dengan tipe ini merupakan orang yang tekun, rajin, daya kreativitas yang tinggi serta memiliki keinginan yang baik untuk memikirkan jalan keluar terhadap masalah yang sedang terjadi.

5. Tipe Pemberi Semangat

Peserta rapat yang memberi semangat mempunyai sifat penggerak, kemauan, dan kemampuan bekerja yang cukup tinggi. Dapat mempengaruhi orang lain karena dapat membaca situasi, berwibawa dan disegani, sehingga mempunyai pengaruh baik dalam kelompok ataupun diluar kelompok tersebut.

6. Tipe Pemberi Informasi

Tipe ini selalu memberikan informasi yang dibutuhkan pada saat rapat, hal ini dikeranekan mereka memiliki banyak informasi yang berguna bagi pemecahan masalah pada saat rapat, orang dengan tipe ini termasuk mereka yang mudah bergaul, dan dapat dipercaya.

7. Tipe Perantara

Orang dengan tipe perantara seringnya bertindak sebagai perantara, atau sebagai penghubung antara satu dengan lainnya. Baik itu pribadi dengan pribadi lain, atau pribadi dengan kelompok, juga kelompok dengan kelompok. Peserta dengan tipe ini mempunyai sifat pandai bergaul, berwibawa, dapat dipercaya.

Itulah ke tujuh tipe-tipe peserta rapat, lalu bagaimana dengan tipe pemimpin rapat?, silahkan baca pada Tipe-Tipe Pemimpin Rapat

Posting Komentar untuk "Tipe-Tipe Peserta Rapat"