Hakikat Kewirausahaan dan Wirausaha

Hakikikat Kewirausahaan dan Wirausaha Kewirausahaan dan wirausaha memiliki arti yang berbeda. Apakah kamu tahu apa perbedaannya?

1. Pengertian Kewirausahaan Secara harafiah, kewirausahaan berasa dari kata dasar wirausaha diberi awalan ke dan akhiran an yang bersifat membuat kata benda wirausaha mempunyai pengertian abstrak, yaitu hal-hal yang bersangkutan dengan wirausaha.

Apabila wira diartikan sebagai berani dan usaha diartikan sebagai kegiatan usaha yang komersial maupun nonusaha dan non komersial, maka kewirausahaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan keberanian seseorang untuk melaksanakan sesuatu kegiatan usaha atau non usaha (cara mandiri). Selain pengertian secara harafiah, terdapat beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut.

a. kemendikas (2010)

Kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai bagi dan berguna, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang orang lain. Dalam kewirausahaan juga derperlukan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya, dan bersahaja, serta berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan Usahanya

b. A. Pekerti (1999)

Kewirausahaan adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mendirikan, mengelola, mengembangkan dan rnelembagakan pérusahaan miliknya sendiri. Kewirausahaan adalah tanggapan terhadap peluang usaha yang terungkap dalam seperangkat tindakan yang membuahkan hasil berupa organisasi yang melembaga, produktif dan inovatif. Kewirausahaan bersangkutan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain dengan berswadaya.


c. inpres No 4 Tahun 1995

kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang  dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Kewirausahaan tidak hanya menyangkut kegiatan yang bersifat komersial (mencari keuntungan semata) tetapi juga non komersial. Kewirausahaan yang dilakukan dengan semangat, sikap atau perilaku yang tepat dan unggul untuk meningkatkan efisiensi dalam arti seluas-Iuasnya dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada semua pihak yang berkepentingan (langganan dalam arti luas, termasuk masyarakat, bangsa dan negara).

Diatas telah diuraikan mengenai pengertian kewirausahaan. Kewirausahaan berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain dengan berswadaya


Pengertian Wirausaha

Wirausaha terdiri dari kata wira dan usaha. Dalam Kamus Bahasa Indonesia  (KBBL  2008) ,wira berarati utama, gagah, luhur, berani, tadalan, pejuang, sedangkan usaha di artikan sebagai orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Selain itu ada beberapa pengertian wirasusaha sebagai berikut

a, Alma (2000)

Wirausaha adalah orang yang mengkombinasikan sumber daya (resources), tenaga kerja. material dan peralatan lainya untuk meningkatkan nilai yang lebih tinggi dari sebelumnva, dan juga orang yang memperkenalkan perubahan-perubahan, inovasi, dan perbaikan produksinya. Dengan kata kata lain wirausaha adalah seseorang atau kelompok orang yang, mengorganisir faktor-faktor produksi meliputi alam, tenaga, modal, dan skiil untuk tujuan produksi. Wirausaha harus memiliki kemampuan atau skill berwirausaha agar sukses dalam menialankan usahanya.

b. Kemdiknas (2010)

Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakter selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapai dan terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan Usahanya, dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya. Menjadi wirausaha harus jeli dalam menangkap peluang usaha yang ada.

Tipe-Tipe Wirausaha


1. Wirausaha Sosial (Socialpreneur)


Wirausaha sosial merupakan seorang yang berusaha dalam aktivitas kewirausahaan dengan memiliki tujuan utama untuk menyelesaikan permasalahan sosial dan lingkungan hidup dengan memberdayakan komunitas melalui kegiatan yang bernilai ekonomi. Hasil yang ingin dicapai wirausaha sosial bukan keuntungan materi atau kepuasan pelanggan, melainkan bagaimana gagasan yang diajukan dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat.

2. Intrapreneur


Intrapreneur merupakan seorang yang memfokuskan pada inovasi dan kreativitas serta mentransformasi suatu mimpi atau gagasan atau ide menjadi usaha yang menguntungkan untuk dioperasikan dalam lingkup perusahaan. Intrapreneur bukanlah pemilik usaha melainkan pekerja kreatif dan inovatif yang selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan. 

Seorang intrapreneur bukanlah sekadar karyawan yang bekerja dengan rutinitas. Intrapreneur hadir dan memiliki keberanian untuk menantang hal-hal yang biasa, berkarakter unik, didasari  dengan niat yang kuat, melakukan temuan baru, memelihara pertumbuhan dan menjaga agar perusahaan tetap baik di mata pelanggan, dan tentu saja menyiapkan para penerusnya untuk membawa perusahaan mencapai puncak kejayaan.

3. Technopreneurship 

Technopreneurship merupakan gabungan dari "Technology” dan ”Entrepreneurship” yang dapat disimpulkan sebagai proses pembentukan dan kolaborasi antara bidang usaha dan penerapan teknologi sebagai instrumen pendukung dan sebagai dasar dari usaha itu sendiri, baik dalam proses, sistem, pihak yang terlibat, maupun produk yang dihasilkan. Technoprenuership adalah proses penciptaan suatu usaha dengan menggunakan media teknologi. .


Karakter Wirausaha

1. Kemampuan Mengenali Peluang Usaha 

Kemampuan mengenali peluang usaha penting dalam proses wirausaha terutama dalam pengembangan suatu usaha. .Peluang'uSaha adalah kesempatan bagi wirausaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpuaskan. Peluang usaha yang baik tidak akan muncul begitu saja, tetapi dihasilkan dari kewaspadaan seorang wirausaha terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Contoh seorang wirausaha yang selalu mengamati kebiasaan anak sekolah zaman sekarang, merupakan cara yang digunakannya untuk mencari tahu kebutuhan kebutuhan masa kini yang disukai oleh pelajar atau remaja.


2. Berani Mengambil Risiko

Keberanian menghadapi risiko yang didukung komitmen yang kuat, mendorong wirausaha 'untuk terus berjuang mencari peluang sampai memperoleh hasil. Kemauan dan kemampuan untuk 'mengambil risiko merupakan salah satu n_ilai utama dalam kewirausahaan. Apabil|a wirausaha dapat memperhitungkan risiko secara tepat, maka keuntungan usaha justru akan diperoleh. 

Banyak risiko yang ditemui seharusnya membuat seorang wirausaha justru selalu berusaha untuk memperhitungkan strategi usaha dengan cerdas, agar dapat meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan


3. Memiliki Kreatifitas Tinggi

Seorang wirausaha harus memiliki ide-ide baru yang dihasilkan dari suatu kreativitas. Kreativitas inilah yang akan membawa wirausaha untuk berinovasi terhadap usahanya. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide baru dengan menggabungkan, mengubah, atau memodifikasi ide yang telah ada. Kreativitas juga merupakan sikap, kemampuan untuk menerima perubahan dan kebaruan, keberanian untuk bermain dengan ide dan berbagai kemungkinan, dan fleksibilitas dalam cara pandang.

Kreativitas juga dapat diartikan sebagai proses, orang yang kreatif akan bekerja keras dan terusmenerus meningkatkan ide dan solusi, dengan membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap terhadap karya-karya mereka. Sebuah produk disebut kreatif ketika produk itu "baru" dan "tepat". Produk yang baru merupakan produk yang orisinil, sedangkan produk yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tepat waktu.

4. Memiliki Kemampuan Berinovasi

Menurut Okpara (2007), inovasi merupakan proses menambahkan sesuatu yang baru terhadap suatu produk atau proses yang ada. Produk atau proses yang telah dibuat sebelumnya mungkin telah berlangsung cukup baik. Ketika dilakukan perubahan agar produk atau prosesnya menjadi lebih baik,

maka saat itu terjadi inovasi. Inovasi adalah keberhasilan dalam mengeksploitasi ide-ide baru Inovasi adalah kunci untuk melakukan pengembangan pada perusahaan wilayah, atau bahkan pengembangan
suatu negara.


5. Selalu Komitmen dalam Pekerjaan Memiliki Etos kerja dan tanggung jawab

Seorang wirausaha harus memiliki .jiwa komitmen dalam usahanya dan 'tekad yang bulat di dalam menjalankan usahanya. Seorang wirausaha yang sukses terus memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam mengembangkan usahanya. Tanpa usaha yang sungguh-sunguh terhadap  pekerjaan yang digelutinya, maka wirausaha sehebat apapun pasti menemui jalan kegagalan dalam usahanya. Oleh karena itu, penting bagi seorang wirausaha untuk berkomitmen terhadap usaha dan pekerjaannya


6. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seorang wira usaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan.
selalu Ingin tampil beda, lebih dahulu, lebih menonjol. Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi, seorang wirausaha selalu menampilkan bangan dan jasa yang di hasilkan lebih cepat, lebih dahulu berada dan segera berada di pasar.

Wirausaha selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda, sehingga ia menjadi pelopor yang baik dalam proses produksi maupun pemasaran. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk meggunakan pengaruh tanpa kekuatan , seorang pemimpin harus memiliki taktik mediator dan negotitaor.

7. Mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain

Seorang wirausaha harus mempunyai kemauan kreatif di dalam mengambangkan ide dan pikirannya terutama dalam menciptakan peluang usaha di dalam dirinya, dia dapat mandiri menjalankan usaha yang digelutinya tanpa harus bergatung pada orang lain.


Sumber
-Produk kreatif dan Kewirausahaan, Ulfa Rahma DKK, Mediatama
-alma, Buchari,2010, Kewirausahaan Edisi revisi. Bandung, Alfabeta

Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "Hakikat Kewirausahaan dan Wirausaha"

  1. Nama: Nurul Nabila Ramadhani
    Kelas: XI AKL 1
    5. Selalu komitmen dalam pekerjaan memiliki etos kerja dan tanggung jawab (karena jika seorang wirausaha sudah memiliki komitmen, etos kerja, dan tanggung jawab maka kedepannya mereka akan sukses didalam bidang usaha mereka masing-masing.
    Oleh karena itu orang yang memiliki karakter tanggung jawabdan selalu komitmen didalam suatu pekerjaan mereka
    Menurut saya mereka juga bisa bergerak didalam bidang penggadaian

    ReplyDelete
  2. Menurut saya karakteristik yang paling penting menjadi seorang wirausaha adalah kemampuan mengenali peluang usaha karna sifat ini sangat mendorong seorang wirausaha untuk menjadi peluang dalam melakukan usaha dan mengembangkan usaha yang telah di didikannya contohnya adalah orang orang yang bergaul dengan lingkungan sekitar yaitu bergerak di usaha perdagangan

    ReplyDelete
  3. Nama:widya natasya
    Kls:Xl akl 1

    Menurut saya karakter yang paling peting adalah Selalu Komitmen dalam Pekerjaan Memiliki Etos kerja dan tanggung jawab,karena di setiap usaha harus mempunyai tanggung jawab ,jika tidak ada tanggung jawab maka pelanggan tidak akan mem percai nya
    Contoh nya : pengiriman paket jika dia tidak memenuhi tanggu jawab nya maka usaha pengiriman paket nya akan bangkrut dan tidak di minta oleh pelanggan

    ReplyDelete
  4. Ibnih kurnia sari XI akl 1
    Memiliki Kreatifitas Tinggi
    Seorang wirausaha harus memiliki ide-ide baru yang dihasilkan dari suatu kreativitas. Kreativitas inilah yang akan membawa wirausaha untuk berinovasi terhadap usahanya. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide baru dengan menggabungkan, mengubah, atau memodifikasi ide yang telah ada. Kreativitas juga merupakan sikap, kemampuan untuk menerima perubahan dan kebaruan, keberanian untuk bermain dengan ide dan berbagai kemungkinan, dan fleksibilitas dalam cara pandang.

    Kreativitas juga dapat diartikan sebagai proses, orang yang kreatif akan bekerja keras dan terusmenerus meningkatkan ide dan solusi, dengan membuat perubahan dan perbaikan secara bertahap terhadap karya-karya mereka. Sebuah produk disebut kreatif ketika produk itu "baru" dan "tepat". Produk yang baru merupakan produk yang orisinil, sedangkan produk yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tepat waktu
    Contoh ;Orang yang memiliki kreatifitas disebut dengan orang yang sangat berbakat atau jugak yg mempunyai ide idee yang kreatif
    Kreatifitas tinggi bergerak dalam bidang produk"yang baru merupakan produk yang orisinil,sedangkan produk yang tepat adalah yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan tempat waktu

    ReplyDelete
  5. 6. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
    Seorang wira usaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan.
    selalu Ingin tampil beda, lebih dahulu, lebih menonjol. Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi, seorang wirausaha selalu menampilkan bangan dan jasa yang di hasilkan lebih cepat, lebih dahulu berada dan segera berada di pasar.

    Wirausaha selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda, sehingga ia menjadi pelopor yang baik dalam proses produksi maupun pemasaran. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk meggunakan pengaruh tanpa kekuatan , seorang pemimpin harus memiliki taktik mediator dan negotitaor.
    Karakter seperti ini bisa di kaitkan dengan bapak Sandiaga Uno dia adalah seorang wirausaha/pengusaha sukses , dengan demikian seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam usaha dapat juga bergerak di bidang pemerintahan , dengan itu dia dapat menciptakan lapangan kerja,dan menciptakan inovasi baru untuk kemakmuran wilayah atau negara yang di pimpin nya .

    ReplyDelete
  6. Nama: Indah Lestari
    Kelas : XI AKL 1

    Memiliki jiwa kepemimpinan
    Jiwa kepemimpinan sangat berperan di dalam kewirausahaan karena wirausahawan yang berhasil adalah seorang pemimpin yang berhasil memimpin para karyawan dengan baik dan benar
    Jiwa kepemimpinan dapat berlaku pada bidang apapun

    ReplyDelete
  7. Nama: Shevi Qonita Nabilah
    Kelas: XI AKL 1
    5. Selalu Komitmen dalam Pekerjaan Memiliki Etos kerja dan tanggung jawab

    Alasanny memilih ini adlh jika wirausaha sudah memiliki komitmen dalam bekerja dan etos kerja maka seseorng wirausaha itu harus menepatkan komitmen terhadap pekerjaan ny dan tanggung jawab terhadap pekerjaan itu. Dan juga mereka memiliki tanggung jawab yg besar terhadap semua usaha" mereka masing masing.Seorang wirausaha yang sukses terus memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam mengembangkan usahanya, pekerjaan wirausaha sehebat apapun itu pasti menemui jalan kegagalan dan jalan keberhasilan dalam usahanya tersebut. Oleh karena itu penting bagi seorang wirausaha berkomitmen terhadap pekerjaan ny dan usahanya masing masing.

    Menurut saya mereka bergerak dibidang penggadaian.

    ReplyDelete
  8. Nama:M.Farhan Hakim

    6. Memiliki Jiwa Kepemimpinan
    Seorang wira usaha yang berhasil selalu memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan dan keteladanan.
    selalu Ingin tampil beda, lebih dahulu, lebih menonjol. Dengan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasi, seorang wirausaha selalu menampilkan bangan dan jasa yang di hasilkan lebih cepat, lebih dahulu berada dan segera berada di pasar.

    Wirausaha selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda, sehingga ia menjadi pelopor yang baik dalam proses produksi maupun pemasaran. Wirausaha yang berhasil memiliki kemampuan untuk meggunakan pengaruh tanpa kekuatan , seorang pemimpin harus memiliki taktik mediator dan negotitaor.

    Menurut saya karakter di atas bisa juga di kaitkan dengan bapak Sandiaga Uno dia adalah seorang wirausaha/pengusaha sukses.dengan itu orang yang memiliki jiwa kepemimpinan dalam usaha dapat juga bergerak di bidang pemerintahan, karena dia akan menciptakan lapangan kerja dan membuat inovasi" untuk kemakmuran rakyat yang di pimpin nya .

    ReplyDelete
  9. Nama : Indah Lestari
    Kelas : XI AKL 1

    Memiliki jiwa kepemimpinan
    Jiwa kepemimpinan sangat berperan di dalam kewirausahaan karena wirausahawan yang berhasil adalah seorang pemimpin yang berhasil memimpin para karyawan dengan baik dan benar
    Jiwa kepemimpinan dapat berlaku pada bidang apapun

    ReplyDelete
  10. Nama:Della Saptahari
    Kelas:XI AKL 1

    2.Berani Mengambil Risiko
    Karena,dengan keberanian
    mengambil risiko akan
    mendorong seorang
    wirausaha untuk terus
    berjuang mencari peluang
    sampai memperoleh hasil.

    Seorang wirausahawan yg berani
    mengambil risiko untuk
    berinvestasi besar agar
    mengembangkan usahanya adalah
    usaha yg akan bergerak di
    bidang elektronik.

    ReplyDelete
  11. Nama:INDAH SEPTIANA
    kelas:XI AKL 1

    5. Selalu Komitmen dalam Pekerjaan Memiliki Etos kerja dan tanggung jawab,Mengapa seorang wirausaha harus memiliki kepribadian tersebut? Karna siapapun pasti membutuhkan orang orang yg bertanggung jawab dalam segala hal apapun terutama pekerjaan.
    Contoh yg bergerak dalam bidang perusahaan jasa, seorang wirausaha yg bergerak di bidang tersebut pasti harus memiliki rasa komitmen dan tanggung jawab,mengapa? Karna dengan cara itu lah konsumen bisa memiliki rasa kepercayaan dan tidak meragukan perusahaan jasa tersebut,dan dengan cara ini seorang wirausaha pasti akan sukses dalam bidangnya masing masing.


    ReplyDelete
  12. Nama : meilia anjani
    Kelas : XI AKL 1

    Memiliki jiwa kepemimpinan
    Jiwa kepemimpinan sangat berperan di dalam kewirausahaan karena wirausahawan yang berhasil adalah seorang pemimpin yang berhasil memimpin para karyawan dengan baik dan benar
    Jiwa kepemimpinan dapat berlaku pada bidang apapun

    ReplyDelete
  13. Asri Yanti XI AKL 1

    Menurut saya karakter yang harus dimiliki dan yang paling penting yaitu memiliki rasa percaya diri yang tinggi.jarena semakin besar rasa percaya diri semakin bagus pula tindakan yang fihasilkan.sifat percaya diri akan membantu pebisnis untuk tidak takut gagal,tidak mudah putus asa.
    Cthnya seperti berbisnis tentang penanaman buah buahan.

    ReplyDelete
  14. Menurut saya karakter yang harus dimiliki dan yang paling penting adalah memiliki pola pikir yang bagus dan memiliki rasa percaya diri.karena semakin besar rasa percaya diri semakin bagus pula tindakan yang dihasilkan.sifat percaya diri akan membantu pebisnis untuk tidak takut gagal,dan tidak mudah putus asa.cthnyaa seperti petani yang menanam buah"an

    ReplyDelete
  15. Nama : SURIANI
    kelas : XI AKL-1

    5. Selalu Komitmen dalam Pekerjaan Memiliki Etos kerja dan tanggung jawab

    Seorang wirausaha harus memiliki .jiwa komitmen dalam usahanya dan 'tekad yang bulat di dalam menjalankan usahanya. Seorang wirausaha yang sukses terus memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam mengembangkan usahanya. Tanpa usaha yang sungguh-sunguh terhadap pekerjaan yang digelutinya, maka wirausaha sehebat apapun pasti menemui jalan kegagalan dalam usahanya. Oleh karena itu, penting bagi seorang wirausaha untuk berkomitmen terhadap usaha dan pekerjaannya

    Menurut saya mereka juga bisa bergerak didalam bidang penggadaian

    ReplyDelete