Fungsi Pasar Modal

pasar modal

Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual-beli dan kegiatan terkait lainnya.

Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun) seperti saham, obligasi, waran, right, reksadana, dan berbagai instrumen derivatif seperti option, futures, dan lain-lain.

Pasar modal memiliki beberapa fungsi strategis yang membuat lembaga ini memiliki daya tarik, tidak saja bagi pihak yang memerlukan dan pihak yang meminjamkan dana, tetapi juga bagi pemerintah. Fungsi pasar modal adalah sebagai berikut:

A. Sebagai Sumber Penghimpun Dana

Selain lembaga perbankan yang sudah dikenal masyarakat yang berfungsi menghimpun dana masyarakat melalui berbagai bentuk simpanan, dikenal juga pasar modal yang mempunyai tujuan sama. Perkembangan pasar modal sangat mempngaruhi besarnya dana masyarakat yang dihimpun oleh sebuah perekonomian.

Bila pasar modalnya maju, maka dana masyarakat yang dapat dihimpun akan sangat besar, demikian pula sebaliknya. Bagi negara-negara dunia ketiga, pasar modal boleh dikatakan baru dikenal atau dalam tahap permulaan sehingga dana yang terkumpul masih sedikit. Hal ini bertolak belakang dengan lembaga perbankan yang sudah cukup lama dikenal dan mampu menghimpun sebagian besar dana dari masyarakat.

B. Sebagai Alternatif Investasi Pemodal

Sebelumnya adanya pasar modal, pemodal hanya menanamkan dananya di bank. Setelah adanya pasar modal, terdapat alternatif investasi yang lebih fleksibel. Para pemodal dapat melakukan pemindahan dananya dari satu perusahan keperusahaan lain sesuai perkiraan keuntungan yang akan diperoleh. Kekuasaan ini tentu tidak dapat diperoleh pada investasi di bank atau di real estate.

C. Sebagai Pendorong Perkembangan Investasi

Dengan adanya pasar modal, pemerintah terbantu dalam memobilasi dana masyarakat. Para pemodal yang melakukan investasi di pasar modal dengan sendirinya akan menambah jumlah investasi. Hal ini dikarenakan perusahaan yang menerima dana dari masyarakat akan meningkatkan usahanya, baik melalui pembelian mesin baru, penyerapan tenaga kerja, dan menaikkan volume penjualan dan pendapatan.

Lainnya dapat dilihat Pelaku Pasar Modal

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi Pasar Modal"

Post a Comment