Prinsip-Prinsip Tata Ruang Kantor


Setelah membaca artikel Tata Ruang Kantor Yang Baik, kita akan mengetahui beberapa prinsip-prinsip yang harus diperhatikan pada saat menata ruangan kantor, prinsip tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pekerjaan harus mengalir terus menerus sedapat mungkin dalam garis lurus.
  2. Bagian-bagian dan seksi-seksi yang berfungsi sama dan berhubungan harus ditempatkan secara berdekatan untuk mengurangi waktu bepergian.
  3. Aliran pekerjaan harus sederhana, sehingga dapat mengurangi hilir mudik pegawai dan penyampaian surat-surat dalam jarak yang pendek.
  4. Meletakan perlengkapan kantor harus dekat dengan pegawai yang menggunakannya.
  5. Pergunakan meja dan kursi dengan ukuran yang sama dalam sebuah ruangan.
  6. Menyusun meja harus sedemikian rupa sehingga tidak ada pegawai yang terpaksa menghadap pada sumber cahaya.
  7. Kesatuan yang banyak berhubungan dengan masyarakat harus ditempatkan dibagian depan, sehingga mudah didatangi tanpa mengganggu bagian lain.
  8. satuan tugas yang dikerjakannya bersifat gaduh, sebaiknya ditempatkan dekat jendela dan sebaiknya dijauhkan dari satuan lainnya, lebih-lebih satuan yang banyak menjalankan pekerjaan otak.
  9. Hendaknya tempat arsip-arsip kantor berada pada dinding atau susun tangga yang mudah terjangkau oleh petugas.
Demikianlah prinsip yang harus diperhatikan dan dijadikan pedoman oleh pegawai kantor dalam penataan tata ruang kantor, sehingga tercipta ruangan kantor yang baik, tepat dan efisien dalam melaksanakan seluruh kegiatan pekerjaan perkantoran.


sumber. Administrasi Kantor, Ating Tedjasutisnan Dkk, Armico

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Prinsip-Prinsip Tata Ruang Kantor"

Post a Comment