Jenis-Jenis Aplikasi Untuk Mengerjakan Spreadsheet

Jika kita mencari arti spreadheet pada wikipedia, spreadsheet diartikan sebagai adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif. Bentuk analisis dan perhitungan yang lain dapat berupa analisis statistik, perhitungan akuntansi, pembuatan time-schedule dan lain sebagainya.

Biasanya kita sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengerjakan jenis perhitungan diatas, namun ada beberapa aplikasi lain yang juga dapat digunakan dengan fungsi yang kurang lebih hampir sama.

Berikut Jenis-jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk mengerjakan spreadsheet

1. Microsoft Excel
Tentu saja aplikasi microsoft ini sangat familiar bagi kita, bahkan jika mendengar kata spreadsheet yang terbersit adalah penggunaan aplikasi microsoft ini. Microsoft excel merupakan bagian dari Microsoft Office dan merupakan software yang sangat terkenal sebanding dengan MS. Word.

Untuk menggunakan microsoft excel pengguna perlu menginstal program ini pada laptop penggunanya, untuk tampilan Excel dapat dilihat pada tautan berikut https://products.office.com/en-us/excel.


2. LibreOffice
LibreOffice Calc adalah spreadsheet alternatif gratis untuk Microsoft excel. LibreOffice Calc adalah komponen spreadsheet dari LibreOffice Productivity Suite. Pengguna dapat dengan mudah membuka dan menyimpan spreadsheet di format MS Excel File dengan LibreOffice Calc. LibreOffice Calc juga memungkinkan Anda untuk menyimpan spreadsheet Anda sebagai file PDF.

LibreOffice Calc memberikan dukungan untuk berbagai format file lain seperti CSV, HTML, dokumen terbuka (ODF), SXC, DBF, DIF dll. LibreOffice Calc juga menyediakan dukungan untuk mengedit multi user sehingga Anda dapat melakukan kerja kolaboratif pada spreadsheet Anda dengan rekan Anda.

Kunjungi langusng LibreOffice pada http://www.libreoffice.org/


3. OpenOffice Calc
OpenOffice Calc adalah perangkat lunak spreadsheet gratis dan bagian dari suite produktivitas bebas dan open source – OpenOffice. OpenOffice Calc adalah software alternatif gratis yang sempurna untuk Microsoft Excel yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengatur dan menganalisa informasi numerik. OpenOffice Calc memiliki fitur mirip dengan Fitur LibreOffice Calc.

Lihat dan kunjungi openoffice calc pada http://www.openoffice.org/product/calc.html


4. Kingsoft Spreadsheet Profesionanl
Merupakan aplikasi spreadsheet yang dapat digunakan secara gratis maupun secara berbayar. Aplikasi ini memadukan unsur keringananan dalam penggunaanya karena file yang kecil.

Kingsoft dapat dikunjungi pada alamat http://www.kingsoftstore.com/spreadsheets.html


Baca juga Kingsoft Office Pengganti Microsoft Office

5. SoftMaker
Salah satu aplikasi yang memiliki tampilan hampir sama dengan excel, bagi orang yang sudah mahir menggunakan Microsoft Excel, maka akan sangat mudah menggunakan softmaker ini.

Jika ingin mencoba Softmaker, pengguna dapat menggunakan versi trial selama 30 hari.
Silahkan kunjungi pada alamat http://www.softmaker.com/english/ofwpm_en.htm


Artikel sebelumnya Menyimpan File Dalam Folder Menggunakan Google Drive

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-Jenis Aplikasi Untuk Mengerjakan Spreadsheet"

Post a Comment