Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Informasi Manajemen

Informasi merupakan sesuatu yang teramat penting dan beraharga dalam sebuah organisasi. Informasi akurat dan cepat dapat membantu tumbuh kembangnya sebuah organisasi. Oleh karena itu, pengolahan informasi dipandang penting demi kelancaran sebuah pekerjaaan dan analisis perkembangan dari pekerjaaan itu sendiri. Itu sebabnya dikenal sistem informasi manajemen .

Sistem informasi manajemen (SIM) mulai berkembang sejak tahun 1960-an. Secara umum SIM didefenisikan sebagai sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen (perusahaan), serta mengambil keputusan sebuah organisasi.


Sistem informasi manajemen juga dikenal dengan sistem informasi, sistem pemrosesan informasi, sistem informasi dan pengambilan keputusan. Dikatakan memakai prinsip sistem karena informasi yang tersebar dalam berbagai bentuk dikumpulkan, disimpan serta diolah dan diproses oleh satu badan yang kemudian dirumuskan menjadi informasi.

Berikut ini pengertian sistem informasi menurut beberapa ahli:

  • O'Brien, menyatakan bahwa sistem informasi manajemen adalah suatu sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan operasional, manajemen dan fungsi pengambilan suatu organisasi.
  • Barry E. Cushing, menyatakan sistem informasi sebagai kumpulan dari manusia dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
  • Frederick H. Wu, menyatakan sistem informasi adalah kumpulan-kumpulan sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen.
  • Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, sistem informasi sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  • George M. Scott, sistem informasi adalah sistem yang diciptakan oleh para analisis dan manajer guna melaksanakan tugas khusus tertentu yang sangat esensial bagi berfungsinya organisasi.
  • Henry Lucas, sistem informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamana dilaksanakan akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
Dari defenisi-defenisi diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi dan mendukung operasi untuk organisasi atau manajemen dalam mengambil keputusan, dimana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur (tahap-tahap manajemen) yang terorganisasi.

Manfaat Sistem Informasi
Secara umum manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan adalah sebagai berikut:
  1. Meningkatkan Efesiensi operasional
  2. Memperkenalkan inovasi dalam bisnis
  3. Membangun sumber-sumber informasi strategis
  4. Mendukung pengambilan keputusan manajerial

Kualitas keputusan yang akan diambil berpengaruh terhadap kualitas informasi. untuk itu informasi yang baik dan siap pakai diperlukan dalam membuat keputusan. 

Berikut ini karakteristik Informasi siap pakai.
  1. Akurat
  2. Tepat Waktu
  3. Relevan
  4. Lengkap dan memadai
  5. Up to Date
  6. Dapat diandalkan
  7. Dapat dimengerti
  8. Dapat dibandingkan

Posting Komentar untuk "Sistem Informasi Manajemen"