Ciri-Ciri Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah bidang yang berkaitan dengan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Ia berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak-pihak diluar entitas (Soemarso, 1990:8).
akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan adalah bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, seperti pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan adalah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas).

Akuntansi keuangan berhubungan dengan masalah pencatatan transaksi untuk suatu perusahaan atau organisasi dan penyusunan berbagai laporan berkala dari hasil pencatatan tersebut. Laporan ini yang disusun untuk kepentingan umum dan biasanya digunakan pemilik perusahaan untuk menilai prestasi manajer atau dipakai manajer sebagai pertanggungjawaban keuangan terhadap para pemegang saham.

Ciri-ciri akuntasi keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Terutama berkaitan dengan informasi keuangan. Informasi non keuangan juga penting, tetapi demikian hampir keseluruhannnya berada diluar ruang lingkup akuntansi.
  2. Fungsi utama akuntansi adalah menyediakan informasi keuangan yang bermanfaat bagi seseorang untuk mengambil keputusan. Tugas akuntan adalah menyediakan informasi keuangan yang relevan dan dapat dipercara untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang berbeda tersebut.
  3. Akuntansi keuangan, terutama berkepentingan terhadap pemakai laporan luar entitas. Misalnya pemegang saham, kreditur, pelanggan, para analis keuangan, karyawan dan berbagai instansi pemerintah.
  4. Lingkup informasi akuntansi keuangan pada umumnya menyajikan informasi mengenai entitas secara keseluruhan, sedangkan laporan laba-rugi menyajikan hasil kegiatan entitas sebagai keseluruhan pula. Lingkup luas dicakup oleh  laporan yang dihasilkan akuntansi keuangan adalah ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai laporan di luar entitas.
  5. Ditinjau dari waktu, fokus informasi yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan adalah masa lalu. Akuntansi Keuangan berorientasi ke masa lalu untuk menggambarkan pertanggungjawaban dana yang dipercayakan pihak luar kepada manajemen entitas.
  6. Ditinjau dari rentang waktu yang dicakup oleh laporan yang dihasilkan, akuntansi keuangan mencakup rentang waktu yang sudah tertentu, biasanya dalam satu tahun, setengah tahun, satu kuartal atau satu bulan. Periode waktu dicakup laporan keuangan yang dihasilkan akuntansi keuangan biasanya kurang fleksibel. Sekali ditetapkan bahwa neraca dan laporan laba rugi akan diterbitkan setiap setengah tahunm jangka waktu ini jarang sekali mengalami perubahan.
  7. Kriteria dominan untuk menilai informasi yang dibuat oleh akuntansi keuangan adalah standar akuntasi keuangan yang lazim, dan dibuat organisasi yang berwenang, misalnya ikatan Akuntansi Indonesia.
  8. Akuntansi merupakan ilmu terapan. Sebagai ilmu terapan, akuntansi berdasarkan diri pada prinsip dan konsep yang dikembangkan dalam suatu ilmu dasar atau disiplin. Akuntansi keuangan hanya bersumber pada satu disiplin.
  9. Akuntansi keuangan dan bagian dari akuntansi manajemn berdasarkan diri pada ilmu ekonomi, mengatur prinsip-prinsip yang membimbing mengambil keputusan dalam menggunakan sumber-sumber yang langka.
  10. Akuntansi keuangan menghasilkan laporan keuangan periodik yang umumnya terdiri atas neraca,laporan laba-rugi, dan laporan perubahan laba yang ditahan, serta laporan perubahan posisi keuangan. Laporan ini berisi informasi ringkas mengenai posisi keuangan pada tanggal tertentu dan hasil usaha, serta perubahan laba yang ditahan dan perubahan posisi keuangan untuk periode tertentu. Karena laporan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pihak luar, informasi yang disajikan didalamnya bersifat ringkas dan mengenai entitas sebagai keseluruhan.
  11. Informasi yang disajikan kepada pihak luar memerlukan ketepatan tinggi karena pada umumnya menyangkut laporan keuangan yang dihasilkan akuntansi keuangan.
sumber: 
http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi_keuangan
Drs. Agus Syarif & Drs. Kamay Abdulrahman, SMK Jilid 3


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri-Ciri Akuntansi Keuangan"

Post a Comment