Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Perkantoran

Ada beberapa pendapat para ahli tentang pengertian manajemen perkantoran, diantaranya adalah:

George R. Terry merumuskan: Manajemen perkantoran dapat dirumuskan sebagai perencanaan, pengawasan dan pengorganisasian pekerjaan kantor serta menggerakan mereka yang melaksanakan pekerjaan kantor tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.

J.C. Denyer merumuskan: Manajemen perkantoran adalah pengarahan dan pengawasan sebuah kantor untuk mencapai tujuan-tujuannya yang khusus dengan cara yang sehematn-hematnya.

Prof. Dr. Prajudi merumuskan: Manajemen perkantoran merupakan kombinasi yang satu sama lain berhubungan dengan erat yakni panduan dari coorporate management (office sebagai kesatuan yang terdiri dari gedung, tanah, personil dan equipment) dan operation management (office work, pekerjaan kantor).

Drs. Moekijat merumuskan: Manajemen perkantoran itu sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen pada kantor, yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan kantor, agar tujuan kantor tersebut dapat tercapai dan pegawai-pegawai mereka merasa puas.

Dari keempat ahli tersebut, pada dasarnya mengandung maksud yang sama yaitu bagaimana agar semua tujuan yang telah ditetapkan, dapat dilakukan bersama-sama secara teratur dan sistematis dengan berpedoman pada fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan.

Jadi jelas, bahwa manajemen perkantoran adalah proses kerja sama di antara sekelompok orang untuk mencapai tujuan kantor yang telah ditetapkan sebelumnya dengan melaksanakan  fungsi-fungsi manajemen.

baca Pengertian Manajemen keuangan menurut para ahli


Tujuan Manajemen Perkantoran

Pada dasarnya tujuan manajemen perkantoran adalah untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien dari apa yang telah ditetapkan dalam manajemen kantor.

Secara terperinci tujuan manajemen kantor, diantaranya sebagai berikut.
  1. Mencapai hasil pekerjaan kantor secara efektif dan efisien
  2. Membuat prose pekerjaan kantor berjalan dengan lancar
  3. Agar pengawasan pekerjaan kantor dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien
  4. Terciptanya suasana kantor yang harmonis dan menyenangkan
  5. Tercipta rasa memiliki dan tanggung jawab dari setiap pegawai kantor
  6. Adanya penggunaan fasilitas kantor yang optimal dan efisien.
Menurut George R Terry, dalam bukunya office management and control, yang disadur oleh Drs. Moekijat, mengemukakan bahwa tujuan manajemen perkantoran adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan semua keterangan yang lengkap dan diperlukan kepada siapa, bilamana, dan dimana itu diperlukan untuk pelaksanaan perusahaan secara efisien.
  2. Memberikan catatan-catatan dan laporan-laporan yang cukup dengan biaya yang serendah-rendahnya.
  3. Membantu perusahaan memelihara saingan
  4. Memberikan pekerjaan tata usaha yang cermat dan membantu memberi pelayanan kepada para pelanggan
  5. Membuat catatan-catatan yang makin baik dengan biaya yang semakin rendah.
Sebelumnya silahkan baca Sikap Dalam Memberikan Pelayanan Prima

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen Perkantoran"