Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli


Manajemen keuangan pada umumnya membahas segala sesuatu yang terkait dengan uang yang ada di perusahaan. Uang dan pengelolaan keuangan merupakan fokus manajemen keuangan. Mereka yang mengelola keuangan di perusahaan disebut manajer keuangan.

Manajer keuangan berkepentingan dengan penentuan jumlah aktiva yang layak dari investasi pada berbagai aktiva pemilihan sumber-sumber dana untuk membelanjai aktivitas tersebut. Peran seorang manajer keuangan sangat penting dalam hal pengambilan keputusan mengenai investasi dan pendanaan.

Pengertian manajemen keuangan menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  • Agus Sartono dalam bukunya Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, manajemen keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana, baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.
  • Bambang Riyanto, dalam Dasar-Dasar Perbelanjaan Perusahaan menjelaskan bahwa keseluruhan aktivitas yang terkait dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menggunakan atau mengalokasikan dana disebut manajemen disebut.
  • Suad Husnan, dalam Dasar-Dasar Manajemen Keuangan menjelaskan manajemen keuangan menyangkut kegiatan perencanaan, analisis dan pengendalian kegiatan keuangan.
  • Agus Harjito, dalam bukunya Manajemen Keuangan, manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, bagaimana menggunakan dana dan bagaimana mengelola aset sesuai tujuan perusahaan secara menyeluruh. Dengan kata lain manajemen keuangan merupakan manajemen mengenai bagaimana memperoleh aset, mendanai aset, dan mengelola aset sesuai tujuan perusahaan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli"

Post a Comment