Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Administrasi

pengertian administrasi

Pengertian administrasi sangat beraneka ragam tergantung pada konteksnya, bahkan banyak orang yang menggunakan kata administrasi dengan pengertian yang kurang tepat. Dalam hal ini akan dijelaskan pengertian administrasi hubungannya dengan manajemen dan organisasi.

Dalam ilmu administrasi proses penyelenggaraan atau kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mencapai tujuan disebut administrasi. Jadi, administrasi adalah proses penyelenggaraan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Beberapa pendapat tentang administrasi dapat dijelaskan sebagai berikut.
  1. Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, M.P.A. administrasi adalah keseluruhan proses penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu usaha kerja sama demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Berdasarkan defenisi tersebut terdapat enam ide pokok sebagai berikut.
    a. Adanya tujuan yang akan dicapai
    b. Administrasi merupakan suatu proses
    c. Adanya dua orang atau lebih
    d. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan tertentu
    e. Kemampuan kerja sma dalam hierarki tertentu
    f. Adanya pembagian tugas
  2. Menurut Drs. The Liang Gie, administrasi dirumuskan dalam pengertian yang sempit dan pengertian yang luas. Dalam pengertian yang luas administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam setiap kerja sama kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
    Rangkaian kegiatan ini dimulai dari saat ditentukannya tujuan yang ingin dicapai sampai tercapainya tujuan tersebut. Administrasi merupakan proses penyelenggaraan dan bukan perbuatan-perbuatan pengerjaan yang berlangsung berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai, tetapi proses penyelenggaraan tersebut menunjang proses pengerjaan (operatif). Contohnya, tujuan pendidikan SMK adalah menghasilkan lulusan yang siap bekerja. Yang termasuk administrasi adalah kegiatan membagi tugas mengajar, merencanakan jadwal ujian, dan penyampaian instruksi kepada sekolah kepada pengajar. Sedangkan yang dimaksud pengerjaan (operatif) adalah kegiatan mengajar. Administrasi dalam pengertian sempit menurut Drs. The Liang Gie, adalah setiap pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan tulis menulis.

    Pengertian administrasi dalam arti sempit juga dikemukakan oleh Drs. D.S. Widodo dan J. Wajong sebagai berikut.

    a. Menurut Drs. D.S. Widodo, administrasi adalah segenap aktivitas yang bersangkut paut dengan masalah-masalah menyiapkan, membuat, mengirimkan, mencatat, dan menyimpan bahan-bahan keterangan.

    b. Menurut J.Wajong, administrasi merupakan pekerjaan tatausaha yang bersifat mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam suatu usaha untuk menjadi bahan keterangan bagi pimpinan. Administrasi dalam arti yang lebih sempit dikenal dengan istilah tata usaha. Sedangkan administration dalam bahasa indonesia yang sering ditulis administrasi merupakan rangkaian kerja sama sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Berdasarkan uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kata administrasi dalam arti luas merupakan kseseluruhan proses penyelenggaraan mulai dari penetepan tujuan sampai pencapaian tujuan. Sedangkan dalam arti sempit administrasi sama dengan tata usaha.


Posting Komentar untuk "Pengertian Administrasi"