Cara Print Dengan Excel 2013

Jika Anda sedang bekerja menggunakan microsoft excel dan ingin memprint hasil kerja tersebut, maka simaklah sedikit penjelasan cara print dengan microsoft excel 2013. Namun penjelasan ini tidak diperuntukkan hanya pada excel versi 2013 saja, namun dapat pula diterapkan pada versi dibawahnya sampai pada excel 2007. 

Pada versi-versi ini tampilan untuk mencetak hasil kerja menggunakan printer hampir sama. Tidak seperti pada microsoft word, cara print pada excel sedikit berbeda karena tampilan excel juga berbeda jauh dengan word. Untuk mencetak dokumen pada excel dengan memilih menu file kemudian Print. atau dapat pula dengan menekan tombol ctr + p. Maka akan muncul tampilan berikut.

cara print excel 2013
excel 2013

Seperti gambar diataslah tampilan bawaan excel ketika kita akan mencetak dokumen, jika Anda ingin mencetak dokumen yang sedang anda kerjakan secara mudah, dan tanpa membuat banyak kesalahan mungkin sedikit setingan pada menu Print Active Sheets berikut dapat membantu anda.

Untuk memperjelasnya setelah muncul gambar diatas silahkan Anda memilih menu Print Active Sheets pada deretan menu disampingnya maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

tampilan excel
tampilan menu print

Pada gambar diatas dapat terlihat ada tiga sub menu pada Print Active Sheets, ketiga menu dibawahnya memiliki fungsi yang berbeda-beda.
  1. Print Active Sheets. Menu ini berfungsi untuk mencetak keseluruhan pekerjaan pada microsoft excel yang terletak pada sheet yang aktif. Oleh karena itu sebelum mencetak pada menu ini, pastikan sheet aktif tersebut benar-benar sudah dirapikan karena jika tidak tentu akan menghamburkan kertas.
  2. Print Entire Workbook. Menu kedua memungkinkan seluruh sheet yang sudah berisi pekerjaan kita akan tercetak semua, oleh karena itu, jika tidak ingin semua sheet pada lembar kerja Anda tercetak, usahakan jangan sampai memilih menu ini.
  3. Print Selection. Menu ini berguna untuk memprint area yang sudang "diblok". Penggunaan print selection ini, sangat berguna terutama jika pada sheet kerja Anda berisi banyak data yang sedang dikerjakan. 
Itulah sedikit panduan untuk cara print dengan excel 2013, untuk menghindari pemborosan kertas akibat kesalahan pada saat print dokumen, sangat disarankan untuk melihat tampilan pekerjaan sekali lagi sebelum mencetak agar kesalahan tersebut dapat diminimalisir.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Print Dengan Excel 2013"

Post a Comment