Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas (PT) merupakan gabungan beberapa pengusaha swasta menjadi satu kesatuan untuk mengelola usaha bersama, dimana badan usaha memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menyertakan modalnya keperusahaan dengan cara membeli saham.

Perseroan terbatas memungkinkan masyarakat dapat ikut serta dalam kepemilikan badan usaha dengan cara membeli saham badan usaha tersebut di pasar modal. Kelebihan dan kekurangan lainnya dari Perseroan Terbatas dapat dilihat sebagai berikut:

kekurangan perseroan terbatas

KELEBIHAN PERSEROAN TERBATAS

  1. Tanggung jawab terbatas dari para pemegang saham terhadap utang-utang perusahaan.
  2. Kelangsungan perusahaan sebagai badan hukum terjamin, sebab tidak tergantung pada pemilik. Pemilik dapat berganti-ganti.
  3. Mudah untuk memindahkan hak milik dengan menjual saham kepada orang lain.
  4. Mudah untuk memperoleh tambahan modal untuk memperluas volume usahnya, misalnya dengan mengeluarkan saham baru.
  5. Manajemen dan spesifikiasinya memungkinkan pengelolaan sumber modal secara efisien.

KEKURANGAN PERSEROAN TERBATAS
  1. Merupakan subjek pajak tersendiri. Jadi tidak hanya perusahaan yang kena pajak, deviden yang dibagikan kepada para pemegang saham juga kena pajak.
  2. Pendirian PT jauh lebih sulit dari pendirian badan usaha lainnya. Pendirian PT memerlukan akta notaris dan ijin khusus untuk usaha tertentu.
  3. Biaya pembentukannnya relatif tinggi.
  4. Bagi sebagian orang, PT dianggap kurang aman dalam hal rahasia perusahaan. Hal ini disebabkan semua aktivitas perusahaan harus dilaporkan kepada pemegang saham.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas"