Etika Dalam Menghubungi Nomor Telepon Darurat

Nomor telepon darurat adalah nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat oleh masyarakat umum untuk mendapat bantuan dari berbagai pihak seperti kepolisian, pemadam kebakaran, rumah sakit, ambulance dan lain sebagainya.

menangani telepon darurat
spanduk darurat

Di berbagai negara terdapat hanya 1 nomor telepon darurat sehingga mudah diingat. Nomor darurat tunggal ini disebut nomor telepon darurat universal atau nomor telepon jasa penanganan keadaan darurat. Dengan nomor telepon tunggal ini, masyarakat umum yang memerlukan bantuan dapat dengan segera menghubungi mereka dalam keadaan darurat.

Nomor telepon darurat dapat berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Ada nomor telepon darurat yang sama disemua negara lewat telepon satelit global. Biasanya nomor telepon darurat terdiri dari 3 nomor telepon yang mudah diingat dan bisa dihubungi dengan cepat.

Panggilan nomor telepon darurat akan segera dijawab oleh operator telepon yang telah dilatih secara khusus untuk menangani panggilan telepon darurat. Baca Cara Menangani Telepon Masuk

Jika penerima telepon telah menerima panggilan darurat, maka dengan segera ia akan mengirimkan petunjuk kesatuan polisi, pemadam kebakaran, atau ambulance dilapangan untuk menuju lokasi kejadian di peneleppon. Beberapa penerima telepon darurat (dispatcher) dilatih untuk memberikan petunjuk yang tepat kepada penelepon untuk mengatasi keadaan darurat, serta memberikan panduan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Namun jika penerima telepon adalah operator telepon biasa, maka setelah menentukan jenis keadaan darurat, sang operator akan meneruskan panggilan kepada pihak kepolisian, pihak pemadam kebakaran atau pihak ambulans.

Baca juga Spelling Abjad Pada Penanganan Telepon

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Etika Dalam Menghubungi Nomor Telepon Darurat"

Post a Comment