Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek yang Timbul Ketika Berkomunikasi

Hal penting dalam berkomunikasi adalah mengupayakan sebaik mungkin agar pesan yang disampaikan oleh komunikator menimbulkan efek pada komunikan sesuai harapan dan tujuan komunikator. Efek yang ditimbulkan ketika berkomunikasi ada tiga, yaitu efek kognitif, efek afektif, dan efek behavioral.

efek komunikasi

1. Efek Kognitif
Efek kognitif adalah akibat yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informative bagi dirinya. Dalam efek kognitif ini akan dibahas tentang bagaimana suatu komunikasi memberikan informasi yang bermanfaat dan mengembangkan keterampilan kognitif. Dalam efek kognitif, pesan yang disampaikan menyebabkan komunikan menjadi lebih paham dan mengerti.

2. Efek Afektif
Dalam efek afektif, pesan yang disampaikan komunikator, tidak hanya menjadikan komunikan tahu, namun membuat komunikan tergerak hatinya, sehingga menimbulkan perasaan tertentu.

3. Efek Behavioral
Dalam efek behavioral, pesan yang disampaikan kepada komunikan selain menjadikan komunikan tahu dan tergerak hatinya, juga akhirnya komunikan melakukan suatu tindakan.

Sebagai contoh adanya efek dalam berkomunikasi dapat dilihat jika melihat seorang penjual membuat iklan mengenai barang A yang diproduksi di telivisi. Masyarakat atau calon pembeli menjadi tahu mengenai barang A ini (tahap kognitif). Di antaranya ada yang tergerak hatinya terhadap penampilan atau tayangan iklan tersebut, sehingga hatinya menjadi senang atau suka bila ada iklan tersebut (tahap afektif). Karena terpengaruh oleh rasa suka, akhirnya masyarakat ada yang membeli baran A yang ditawarkan tersebut (tahap behavioral).

Artikel terkait baca 4 Tujuan Komunikasi

Posting Komentar untuk "Efek yang Timbul Ketika Berkomunikasi"