Cara Mudah Membuat File PDF Dengan MS. Word 2013

Terkadang kita sering mendowload file berekstensi pdf yang tidak dapat kita edit, bahkan membuka file pdf ini pun menggunakan program semisal Adobe atau Foxit. File pdf merupakan file yang paling sering digunakan untuk bertukar file dengan tujuan agar file tersebut mudah dicetak dan sulit untuk dirubah.

PDF merupakan singkatan dari Portable Document Format, adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Untuk membuat file pdf kita dapat menggunakan berbagai aplikasi baik gratis maupun berbayar yang tersedia internet. Namun dengan menggunakan MS. Office 2013 baik Word, Excel, Powerpoint. Kita dapat dengan mudah mengubah dokumen menjadi bentuk pdf.

Berikut ini cara mudah membuat file pdf dengan MS. Word 2013

  1. Pertama sekali buka MS. Word  2013 (atau word 2010)
  2. Kemudian ketik dokumen yang akan dirubah menjadi pdf (atau buka file yang sudah ada dan ingin dirubah menjadi file pdf).
  3. Lalu pilih menu file
  4. Kemudian pilih export 
  5. Selanjutnya pilih create PDF/XPS 
  6. Langkah terakhir pilih Publish

membuat pdf
Ms. Word 2013

word to pdf
Ms. Word 2013

Dengan satu langkah kita dapat dengan mudah merubah dokumen word menjadi dokumen pdf. Biasanya penggunaan file pdf diperuntukkan bila mengirim dokumen kepada pihak lain dan tidak ingin dokumen tersebut diubah oleh orang lain.

Cara merubah file excel ataupun powertpoint menjadi ekstensi pdf juga dapat dilakukan dengan cara yang sama. Anda tinggal membuka file excel atau powerpoint (pastikan membuka dengan Office 2010/2013), lalu ikuti cara diatas, maka dengan mudah file tersebut akan menjadi portabel dokumen format (pdf).

Artikel selanjutnya Cara Mudah Menyimpan Halaman Web

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara Mudah Membuat File PDF Dengan MS. Word 2013"