Cara Merubah Tempat Penyimpanan Hasil Download

google chrome dan mozilla firefox
google chrome dan mozilla firefox

Kegiatan menjelajah di dunia internet memang sangat mengasikkan, beberapa pekerjaan sering pula dilakukan secara bersamaan pada saat bekerja dihadapan komputer, salah satu pekerjaan tersebut adalah dowload atau mengunduh file dari internet ke dalam komputer atau laptop yang kita miliki.

Namun beberapa orang terkadang bingung membuka file hasil dowload tadi, atau jika ingin membuka file tersebut memakan waktu relatif lama, tentu saja pekerjaan tersebut melelahkan. Selain harus bolak-balik membuka beberapa folder, juga akan menyita tempat penyimpanan secara bawaan yakni pada drive C - drive program - dan akan memberatkan kinerja komputer kita.

Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu caranya adalah dengan cara merubah tempat penyimpanan hasil download tersebut. Dengan merubah tempat penyimpanan hasil dowload maka kita akan mudah menemukan file hasil download sekaligus mengurangi beban pada drive C kita. Apalagi jika file yang di unduh tersebut berupa file video film-film terbaru?. Pasti akan mengurangi kapasitas drive C.

Berikut ini paduan Cara Merubah Tempat Penyimpanan Hasil Download

Menggunakan Google Chrome
  • Langkah awal jika menggunakan google chrome, buka google chrome lalu pilih menu costumize and ccontrol google chrome pada sudut kanan atas. Lebih jelas lihat gambar berikut.
control menu
costumize and control menu
  • Selanjutnya pilih menu Settings. Maka akan terbuka tab baru berjudul settings dan berisi segala macam setingan untuk google chrome.
  • Kemudian pilih menu Show advance Setting, lihat gambar dibawah sebagai panduan.
show advanced settings
menu show advanced settings
  • Lalu pada menu dowload, rubahlah download location dengan cara klik change. Maka akan muncul kotak dialog.
  • Pada browse for folder tentukanlah tujuan tempat hasil download nantinya, (disarankan memilih drive D dan membuat folder baru), kemudian OK. Seperti gambar dibawah ini.
change folder location
menu Dowloads

Menggunakan Mozilla FireFox
  • Langkah awal pilih menu Open pada sudut kanan atas layar - sama seperti google chrome-.
  • Kemudian pilih menu Options, maka akan terbuka kotak dialog Options
  • Pada menu ini pilih General kemudian pada menu Save files to klik browse dan pilih folder tujuan tempat penyimpanan hasil download nantinya,
  • Langkah terakhir pilih Ok. berikut gambarnya.
mozilla firefox
menu General

Demikian cara merubah tempat penyimpanan hasil download dari internet menggunakan Google Chrome dan Mozilla FireFox. Sangat disarankan bagi Anda yang suka mendowload untuk menggunakan cara ini karena pengaturan bawaan kedua browser ini menyimpan file hasil download diletakkan pada drive C.

Panduan tutorial lain Cara Mudah Menyimpan Halaman Web

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Merubah Tempat Penyimpanan Hasil Download"

Post a Comment