Faktor Dalam Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan

Skala prioritas kebutuhan merupakan tindakan untuk memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Pilihan tersebut didasarkan pada mendesak atau tidak suatu kebutuhan tersebut. Kebutuhan yang mendesak dipenuhi terlebih dahulu, kemudian disusul kebutuhan yang agak mendesak, lalu kebutuhan yang tidak mendesak.

Lalu untuk menentukan kebutuhan terhadap suatu barang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan skala prioritas, faktor yang menentukan tersebut meliputi tingkat urgensi, kesempatan yang dimiliki, pertimbangan masa depan, kemampuan diri.

Tingkat Urgensi.

Tingkat urgensi berarti menentukan pilihan mana yang harus diutamakan dari beberapa kebutuhan yang ada. Sebagai contoh; seorang ibu hanya memiliki cukup uang untuk membeli makan seluruh keluarga, namun disaat bersamaan, ia harus membayar uang sekolah anak, membeli baju sekolah, dan membayar hutang. Maka dalam hal ini ibu tersebut akan lebih memilih untuk membeli makanan bagi seluruh keluarganya, sedangkan kebuhan lain dapat ditunda dahulu.

skala prioritas kebutuhan

Kesempatan Yang Dimiliki

Faktor selanjutnya adalah kesempatan yang dimiliki. Misalkan dalam situasi darurat, keselamatan dan kesehatan merupakan hal terpenting. Demi keselamatan dan kesehatan, maka obat merupakan kebutuhan nomor satu dan paling utama untuk didahulukan mengingat kesempatan untuk menyembuhkan orang sakit tidak bisa ditunda-tunda lagi.

Pertimbangan Masa Depan

Faktor ketiga adalah pertimbangan terhadap masa depan. Sebagai contoh jika ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola volley  disekolah namun dihadapkan dengan kegiatan les, kemudian oleh karena satu hal seseorang diharuskan memilih satu kegiatan saja. Maka yang akan dipilih adalah kegiatan les tambahan, karena les tersebut berguna untuk menghadapi ujian kelulusan dan berguna untuk masa depan orang tersebut.

Kemampuan Diri

Faktor terakhir adalah mengukur kemampuan diri, baik kemampuan ekonomi, pendidikan, kesehatan, kelapangan waktu dan lain sebagainya. Contohnya dapat dilihat pada lingkungan sekitar kita, banyak orang yang memaksakan diri untuk mengikuti tren gaya hidup masa kini dengan membeli berbagai peralatan canggih seperti komputer, i-pad, laptop, smart phone dan lain sebagainya. Namun terkadang banyak orang memaksakan untuk membeli berbagai peralatan tersebut sedangkan perekonomiannya tidak mencukupi, akibatnya semakin lama seseorang akan semakin menderita.

Sebelumnya dapat dilihat Download Materi Sistem Ekonomi Dunia

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Faktor Dalam Menentukan Skala Prioritas Kebutuhan"

Post a Comment