Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Dalam Penulisan Surat

Surat memiliki ciri khas sendiri dalam berkomunikasi, komunikasi menggunakan surat cendrung membutuhkan penggunaan bahasa secara baik. Sebagaimana kita ketahui penggunaan bahasa yang baik diperlukan dalam menulis isi surat.

Agar pesan yang disampaikan mudah dipahami oleh si penerima surat, sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan benar, sesuai kaidah-kaidah yang berlaku dalam dunia surat-menyurat. Sebagai contoh, bagaimana memilih kata, pemakaian ejaan yang disempurnakan, penyusunan paragraf, cara penyusunan kalimat, dan lain sebagainya.

Kendala yang sering muncul pada penulisan surat adalah ketika pembaca surat tidak langsung dapat memahami bagaimana alur pemikiran seseorang, termasuk sejauha mana respon pengirim surat kepada pihak lain. Misalnya penulisan dengan bahasa yang kacau, tidak runtut, dan penggunaan kata yang terkesan "kasar" atau tidak etis, maka seseorang secara tidak langsung akan memperoleh penilaian yang kurang sopan dalam menghargai orang lain.
bahasa dalam penulisan surat

Untuk surat-surat resmi maupun surat-surat bisnis, dalam memilih kata hendaknya memenuhi syarat yang baik atau baku, dan juga cermat. Perlu dihindari penggunaan kata yang belum diakui kebakuannya, misalnya gimana, ngapain, kenapa, bikin. Padanan kata-kata tersebut yang sudah baku adalah bagaimana, mengapa, dan membuat.

Selain pemilihan kata yang baik, dalam menulis surat juga perlu menggunakan kata yang lazim dalam masyarakat, kata yang lazim dalam masyarakat adalah kata-kata yang sudah dikenal. Sedapat mungkin gunakanlah kata atau istilah dalam bahasa indonesia. Disamping itu bahasa surat perlu mempertimbangkan pilihan kata secara cermat. Dalam hal ini pengirim surat sebaiknya melihat kedudukan penerima surat, apakah pangkat dan kedudukannya sederajat dengan pengirim surat.

Sebagai contoh, penggunaan sapaan Bapak, Ibu, Saudara, dan Anda dan lain sebaiknya tepat atau sesuai dengan pangkat dan kedudukan penerima surat. Jangan sampai surat tersebut meninggalkan kesan yang kurang baik kepada penerima surat. Oleh karena itu pemilihan kata secara tepat perlu diperhatikan dengan seksama.


Posting Komentar untuk "Bahasa Dalam Penulisan Surat"