Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertimbangan Dalam Memilih Bentuk Badan Usaha

Bentuk badan usaha beraneka ragam, ada badan usaha yang berdasarkan lapangan usaha seperti: badan usaha ekstraktif, badan usaha agraris, badan usaha industri, badan usaha dagang, badan usaha jasa. Ada pula badan usaha berdasarkan bentuk hukum seperti: firma, usaha perseorangan, CV, PT, yayasan, koperasi.

Untuk memilih bentuk usaha yang akan dijalankan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Pertimbangan utama yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    bentuk badan usaha
  1. Kebebasan untuk beraktivitas. Kebebasan untuk beraktivitas biasanya menjadi pertimbangan bagi mereka yang memiliki modal yang cukup besar dan memiliki hubungan dengan berbagai pihak terkait, baik pemerintah, swasta maupun asing. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak terlalu memperhatikan kebebasan beraktifitas biasanya hanya berfokus pada bidang atau wilayah tertentu saja.
  2. Batas wewenang dan tanggung jawab pemilik. Pertimbangan yang memperhatikan masalah tanggung jawab terhadap hutang piutang perusahaan terhadap harta pribadi. Dalam hal pengembangan wewenang dan tanggungjawab, pemilik biasanya memikirkan faktor resiko yang dihadapi. Pada perusahaan yang jenis badan usahnya memiliki tanggungjawab tidak terbatas, apabila peusahaan mengalami resiko kerugian, maka harta pribadi ikut menjadi pembayaran atas utang atau kewajibannya.
  3. Kemudahan pendirian. Pertimbangan untuk pemilik yang ingin memulai usaha yang berskala kecil. Pemilik hanya perlu memenuhi syarat yang sederhana dan langsung dapat menjalankan usahanya. Hal yang menjadi pertimbangan biasanya faktor biaya dan modal yang harus dipenuhi.
  4. Kemudahan memperoleh modal. Kemudahan mendapatkan modal menjadi pertimbangan utama, karena perusahaan yang dijalankan akan semakin besar. Kemudahan mendapatkan modal yang dimaksud, bisa kemudahan dalam mendapatkan modal sendiri, modal pinjaman, atau bantuan dari berbagai pihak.
  5. Kemudahan untuk memperbesar usaha. Hal ini menjadi pertimbangan utama bagi wirausaha yang berfikir jauh ke depan dan optimis karena bagi mereka usaha yang dijalankan akan semakin besar.

Posting Komentar untuk "Pertimbangan Dalam Memilih Bentuk Badan Usaha"