Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk Badan Usaha Berdasarkan Lapangan Usaha

Badan usaha memiliki berbagai macam bentuk, salah satunya bentuk badan usaha berdasarkan lapangan usaha. Berdasarkan lapangan usaha badan usaha terdiri dari usaha ekstraktif, agraris, industri, jasa, dan perdagangan.

Badan Usaha Ekstraktif

Badan usaha ekstraktif adalah badan usaha dengan kegiatan menggali, mengambil, atau mengolah kekayaan yang disediakan oleh alam. Contoh badan usaha ekstraktif adalah pertambangan, usaha pembuatan kursi dari rotan, atau pengeboran minyak.

badan usaha berdasarkan lapangan usaha

Badan Usaha Agraris

Badan usaha agraris adalah badan usaha yang kegiatan usahanya mengolah dan memanfaatkan tanah agar menjadi berhasil guna. Contoh badan usaha agraris adalah badan usaha yang berkegiatan di bidang pertanian, perikanan darat, maupun perkebunan.

Badan Usaha Industri

Badan usahan industri adalah badan usaha yang kegiatannya menghasilkan barang baru atau meningkatkan nilai guna barang. Dengan kata lain, badan usaha industri mengolah bahan mentah menjadi bahan baku atau mengolah bahan setengah jadi menjadi barang jadi. Contoh badan usaha industri diantaranya adalah badan usaha penghasil pakaian, badan usaha penghasil mobil, dan lain sebagainya.

Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah badan uasha yang kegiatan usahanya membeli dan menjual kembali barang hasil produksi tanpa mengubah bentuk atau sifat barang tersebut. Contoh badan usaha dagang diantaranya adalah badan usaha yang menjual pakaian, badan usaha yang menjual tas, atau badan usaha yang menjual sepeda.

Badan Usaha Jasa

Badan usaha jasa adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa. Contoh badan usaha jasa diantaranya adalah badan usaha yang menyelenggarakan jasa transportasi, badan usaha yang menyediakan jasa layanan telekomunikasi, badan usaha yang menyediakan jasa penginapan.

1 komentar untuk "Bentuk Badan Usaha Berdasarkan Lapangan Usaha"