Tipe-Tipe Pemimpin Rapat

Pemimpin rapat merupakan salah satu penentu keberhasilan suatu rapat. Dapat dibayangkan jika suatu rapat dipimpin oleh orang yang tidak punya kemampuan komunikasi yang baik pastilah rapat akan berjalan ricuh. Seorang pemimpin rapat harus memiliki kemampuan dalam mengatur jalannya rapat.

Untuk mengatur rapat agar berjalan efektif, si pemimpin harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, selain itu pemimpin juga harus memiliki wibawa dalam mengatur rapat. Setiap pemimpin rapat memiliki sifat dan tipe-tipe yang berbeda pada saat rapat. Namun secara garis besar tipe-tipe pemimpin rapat dapat dilihat sebagai berikut:

1. Tipe Otoriter

Tipe otoriter adalah orang yang memimpin rapat dengan sikap 'tangan besi'. Maksudnya pemimpin dengan tipe ini merasa bahwa ialah orang yang paling mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi. Sehingga ia tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengeluarkan pendapat.

Pemimpin seperti ini biasanya lebih cendrung bertindak seperti komandan yang memberikan perintah kepada prajurit-prajuritnya. Rapat yang dipimpin dengan orang dengan tipe ini serasa tidak hidup. Karena setiap permasalahan tidak lagi didiskusikan melainkan langsung diatasi oleh pimpinan itu sendiri.

tipe pemimpin rapat
tipe pemimpin rapat

2. Tipe Demokratis

Tipe ini merupakan idaman bagi peserta rapat, ia memberikan kebebasan bagi anggota rapat untuk memeberikan pendapatnya masing-masing. Pemimpin dengan tipe ini merasa bahwa rapat merupakan ajang penyelesaian masalah bersama dengan cara musyawarah.

Rapat yang dipimpin oleh pemimpin bersifat demokratis menghasilkan keputusan rapat yang diambil oleh keseluruhan peserta rapat. Rapat menjadi dinamis karena seluruh peserta rapat ikut menyumbangkan idenya masing-masing.

3. Tipe laissez faire

Berbanding terbalik dengan kedua tipe diatas, tipe ini membiarkan peserta rapat untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Pemimpin dengan tipe ini acuh tak acuh terhadap rapat yang sedang dilaksanakan. Tipe ini juga menyerahkan segala sesuatunya kepada peserta rapat. Pemimpin rapat tipe laissez faire ini ibarat penonton saja diataran peserta rapat.

Dari ketiga tipe pemimpin rapat diatas, dapat kita simpulkan bahwa tipe pemimpin rapat bersifat demokratislah yang mampu menghidupkan suasana rapat yang ideal, sekaligus menghasilkan keputusan rapat yang mencerminkan aspirasi seluruh peserta rapat.

Selanjutnya silahkan simak Tipe-Tipe Peserta Rapat

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tipe-Tipe Pemimpin Rapat"

Post a Comment