Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keterampilan Mendengar Dalam Berkomunikasi

Teknik komunikasi diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh sumber informasi atau penyampai komunikasi (komunikator) saat menyampaikan suatu pesan kepada (komunikan) penerima pesan. Teknik komunikasi merupakan hal-hal yang dapat mendukung keberhasilan kegiatan komunikasi sehingga tujuan yang diinginkan tersebut dapat tercapai.

Tanpa teknik komunikasi, proses komunikasi akan berjalan tidak efektif. Teknik komunikasi yang diperlukan pada saat menyampaikan suatu pesan adalah Keterampilan Berbicara, Keterampilan Mendengar, Keterampilan menulis, Keterampilan Membaca. Pada kesempatan ini kita akan mengulas sedikit mengenai Keterampilan Mendengar.


Mendengar merupakan aspek penting dalam berkomunikasi, mendengar melibatkan indra pendengaran telinga. Mendengar juga merupakan suatu keterampilan berbahasa. Mendengar secara aktif dan efektif adalah dengan memadukan indra pendengaran dengan pikiran, sehingga dapat menangkap dan menginterpretasikan pesan yang disampaikan. Berikut ini beberapa jenis mendengar secara aktif dan efektif:

  1. Mendengar evaluatif- mendengar evaluatif adalah kegiatan mendengar sambil melakukan evaluasi terhadap kata-kata yang diucapkan pembicara. Kemudian hasil evaluasi tersebut disampaikan kembali kepada pembicara dalam berbagai bentuk seperti penolakan, persetujuan, dan lain-lain.
  2. Mendengar proyektif, adalah memproyeksikan diri pendengar ke alam pikiran pembicara merupakan cara mendengar secara proyektif. Pendengar berusaha memahami pandangan pembicara dan memahami setiap arti kata sampai pembicaraan selesai.
keterampilan mendengar
sumber: http://www.freepik.com/free-photo/listen
Cara yang dapat dilakukan untuk menjadi pendengar yang aktif dan efektif antara lain sebagai berikut:
  • Mendengar penuh konsentrasi
  • Menangkap pesan-pesan yang penting atau inti pembicaraannya
  • Mencatat hal yang dirasakan penting
Dengan melakukan ketiga cara diatas keterampilan mendengar akan menjadi efektif, sehingga point penting pada saat seseorang mendengar tidak akan terlewatkan. Karena beberapa jenis pembicaraan ada yang tidak bisa terulang kembali.

Artikel sebelumnya silahkan baca: Dokumen yang Dihasilkan Pekerjaan Kantor

Posting Komentar untuk "Keterampilan Mendengar Dalam Berkomunikasi"