Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pengadaan Barang

Dalam proses pengadaan barang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli jenis-jenis peralatan kantor. Diantaranya lokasi penyimpanan, baik atau jelek tempat penyimpanan kelak akan mempengaruhi daya tahan peralatan yang sudah dibeli. Pemeliharaan merupakan faktor kedua yang harus diperhatikan, dan terakhir adalah keteraturan dalam mengadministrasi perlengkapan tersebut.

a. Penyimpanan

Penyimpanan perlu diperhatikan karena dengan penyimpanan yang baik maka efisiensi dan efektifitas kerja dapat ditingkatkan. Dalam kegiatan penyimpanan harus memperhatikan:

a. Persediaan alat-alat pemelihara yang diperlukan.
b. Memenuhi syarat penyimpanan barang.
c. Memperhatikan sifat barang yang disimpan.
d. Memperhatikan jangka waktu penyimpanan.
e. Memperhatikan tenaga yang diperlukan dan biaya yang harus dikeluarkan.

pengadaan barang dan jasa
ilustrasi pengadaan barang

b. Pemeliharaan

Pemeliharaan merupakan kegiatan terus menerus agar barang tetap dalam kondisi baik setiap waktu akan digunakan. Pemilharaan harus dilakukan sesuai jadwal yang telah dilaksanakan. 

c. Adminstrasi perlengkapan

Administrasi perlengkapan dimulai dengan pencatatan secara teratur tiap-tiap barang. Kegiatan pencatatan ini bertujuan untuk mendata barang perlengkapan yang dimiliki oleh suatu kantor. Selain pencaatatan atau pendataan kegiatan administrasi perlengkapan laian adalah kegiatan penghapusan atau penyusutan.

Posting Komentar untuk "Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pengadaan Barang"