4 Faktor Penting Pada Tata Ruang Kantor

Sebelumnya kita akan bahas mengenai pengertian tata ruang itu sendiri, menurut para ahli tata ruang rapat adalah sebagai berikut.
  1. The Liang Gie, dalam bukunya yang berjudul Administrasi Perkatoran Modern dikemukakan bahwa "Penyusunan alat-alat kantor pada letak yang tepat serta pengaturan tempat kerja yang menimbulkan kepuasan bagi pekerja disebut tata ruang perkantoran".
  2. Litlefield & Petterson, dalam bukunya "Modern Office Management", Menyatakan "Office lay out may be defined as the arrangement of forniture and equipment within available flour space" (Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan prabot dan alat perlengkapan pada luas yang tersedia).
Dari pengertian diatas, kita tarik kesimpulan yang dimaksud tata ruang kantor adalah penentuan dan penyusunan prabot dan alat-alat kantor pada tempat yang tersedia dengan letak yang tepat serta pengaturan aliran kerja yang dapat memberikan kepuasan bagi para karyawan.

Dalam merancang dan menyusun tata ruang kantor, perlu pula diperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penataan ruang kantor yakni.


1. Perencanaan Cahaya
Cahaya penerangan yang cukup memungkinkan pegawai bekerja lebih cepat dan lebih sedikit membuat kesalahan akibat penerangan yang buruk. Kurangnya sinar yang mencukupi bagi pegawai akan menimbulkan ketegangan otot dan kelelahan mata, serta membuat kemungkinan kesalahan kerja semakin tinggi sehingga produktivitas kerja ikut menurun.

Baca juga Perencanaan Cahaya Pada Tata Ruang Kantor

2. Perencanaan Warna
Sejalan dengan cahaya, warna menjadi faktor penting untuk membuat pegawai menjadi nyaman, bekerja lebih produktif jika warna yang mendominasi suatu ruangan adalah warna yang mempengaruhi perasaan seperti, biru, ungu, hijau tua, putih biasanya menimbulkan kesan tenang.

Perencanaan Warna


3. Perencanaan Udara
Pekerjaan kantor lebih pada bersifat pikiran, maka dari itu hendaknya suatu ruangan mendapat suplai udara yang teratur, usahakan agar udara yang mengalir adalah udara yang bersih dan sejuk, sehingga keyamanan akan tercipta yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas bekerja pegawai.

Baca juga Perencanaan Udara Pada Tata Ruang Kantor

4. Penataan Suara
Suara gaduh dapat menyebabkan tidak efisiennya pekerjaan kantor. Karena akan mengganggu konsentrasi orang yang berada di dalamnya. Dengan demikian suatu ruangan dituntuk agar terbebas dari suara yang mengganggu, baik suara dari luar maupun dari dalam kantor itu sendiri.

Dalam bekerja diperlukan suasana yang tenang, terutama untuk pekerjaan yang memang memerlukan konsentrasi tinggi. Suara yang gaduh dan bising akan dapat membuat karyawan sulit bekerja
dengan baik dan akhirnya produktivitas kerja yang diharapkan tidak akan tercapai. Untuk mengatasi atau mengurangi agar kebisingan tidak terlalu berpengaruh besar, maka dapat dilakukan beberapa hal
berikut ini:


  1. Ruangan diberi penyadap suara.
  2. Di bawah mesin ketik diberi alas karet sehingga suara mesin ketik dapat diredam.
  3. Pengadaan printer diusahakan yang tidak bersuara.
  4. Gerakan disiplin karyawan harus mendapat perhatian.
  5. Tempat pesawat telepon diusahakan di tempat yang khusus.  

Keempat faktor tersebut juga sangat penting pada saat pegawai kantor mengadakan rapat, keempat perencanaan tersebut akan membuat pengaturan tempat duduk pada saat rapat menjadi berbeda. Selain keempat faktor diatas anda dapat pula menyimak artikel lainnya mengenai  tata ruang kantor yang baik.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "4 Faktor Penting Pada Tata Ruang Kantor"