Jenis-Jenis Printer

Printer merupakan suatu kebutuhan penting bagi perkantoran, dimana fungsi printer adalah mencetak
berbagai dokumen dari komputer/laptop. Perkembangan printer juga semakin hari semakin berkembang, perkembangannya dapat dilihat munculnya berbagai jenis printer, setidaknya ada 3 jenis printer yang sering digunakan sehari-hari, diantaranya printer dengan sistem Inkjet, sistem Laser, maupun sistem Dot Matrix.

Berikut ini akan kita bahas jenis-jenis printer yang sudah kita kemukakan tadi,

Inkjet Printer
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna.

Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas.

Panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas. karena menggunakan tinta cairan hasil cetaknya menunggu beberapa detik agar bisa kering. jenis printer ink jet ini penempatan dan pengisian tintanya bisa dimodifikasi dengan teknik infus, yaitu dengan menambahkan tabung tinta khusus pada bagian luar printer dan disambung dengan selang kecil untuk dihubungkan pada bagian pencetak di mesin printer.

inkjet printer
Jenis printer ini merupakan jenis yang paling populer karena paling banyak digunakan oleh pengguna rumahan, printer ini sering digunakan oleh pelajar, karyawan, guru, dosen, warnet, dan lain sebagainya yang memerlukan pencetakan dalam skala kecil dan menengah. 

Laser
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering seperti pada hasil ceta pada mesin photo copy, namun kekurangan printer jenis laser ini, lebih mahal ketimbang Inkjet dan Dot Matrix. Printer Jenis ini sering digunakan pada pencetakan dokumen yang banyak, seperti di percetakan, rental komputer, sekolah dan lain sebagainya.
laser jet printer

Dot Matrix
jenis printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus. menurut sejarahnya jenis printer dot metrix ini pada awalnya menggunakan 9 Pin yang artinya dalam satu huruf akan dicetak dengan kombinasi dari 9 titik, kemudian semakin berkembang menjadi 24 pin dan tentunya dengan begitu hasil cetakan akan lebih halus. Jenis printer ini merupakan jenis yang paling tahan lama, dan paling murah harga mencetak perlembarnya, printer ini sering digunakan pada jasa perdagangan, seperti swalayan, toko, bank. Dll.
dot matrix prtinter

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis-Jenis Printer"

Post a Comment