Membuat Lambang Uang Otomatis di Excel

Menggunakan Ms. Excel seharusnya memudahkan kita untuk membuat perhitungan-perhitungan keuangan. Namun begitu, tidak semua orang merasa menjadi mudah menggunakannya apalagi jika tidak mampu menggunakan menu-menu yang tersedia di Excel.

Dalam Ms. Excel membuat lambang uang apakah itu Rp, $, dan lain sebagainya seharusnya menggunakan cara otomatis, artinya tidak perlu lagi mengetik satu persatu lambang-lambang uang tersebut. Berikut ini cara Membuat Lambang Uang Otomatis di Excel.

Misalkan pada lembar kerja Excel kita sudah ada jumlah uang yang akan dibuatkan lambang uangnya, seperti contoh berikut:
Gambar 1

(untuk contoh diatas sengaja dicopy ke colom d agar terlihat perbedaanya sebelum dan sesudah menggunakan fungsi lambang uang secara otomatis, perhatikan gambar dibawah ini.)
Gambar 2
Langkah berikutnya bloklah cell yang akan dibuat lambang uang secara otomatis. Kemudian dari menu home, lalu pilih tanda panah seperti contoh diatas lalu pilih acounting. (perhatikan gambar 2, pada contoh diatas) kalau sudah dilakukan seperti instruksi tadi maka cell yang sudah diblok tadi akan berubah seperti di bawah ini.
excel
Gambar 3
Seperti terlihat pada gambar 3 diatas, cell tadi sudah berubah secara otomatis, namun lambang keuangannya masih berbentuk $ (dollar), padahal kita membutuhkan lambang bilangan uang Rp (rupiah). Maka langkah selanjutnya adalah pilih klik tanda panah kebawah pada lambang $ lalu pilih menu more accounting formats (cermati gambar3 diatas untuk langkah yang lebih jelas). Maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
excel
Gambar 4
Pada gambar 4 diatas, lihat di menu symbol tukarlah symbol $ (dollar) tadi menjadi symbol Rp Indonesian. Jangan lupa juga pada menu Decimal Places rubah angka 2 menjadi 0. Kalau sudah selesai pilih ok. Maka tampilannya akan berubah seperti dibawah ini.
excel
Gambar 5
Maka lambang uang otomatis sudah berhasil kita buat pada excel kita. Mudah bukan?, memang kalau belum biasa menggunakan excel ini pasti terlihat sedikit membingungkan, tapi dengan terbiasanya kita mengerjakan tugas di excel maka semakin akrab juga dengan menu-menu di dalamnya. Semoga sedikit tutorial ini dapat bermanfaat ya.

Baca juga Cara Merubah Tampilan Excel Seperti Word


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Lambang Uang Otomatis di Excel"

Post a Comment