Cara Mencetak Alamat Pada Amplop

Pada dasarnya mencetak alamat perusahaan pada sebuah amplop adalah pekerjaan mudah, namun itu berlaku bagi mereka yang sudah berakrab ria menggunakan Ms. Word. Tapi untuk yang belum mengetahuinya pasti sangat merepotkan, harus coba-coba dahulu. Padahal cara untuk mencetak alamat pada amplop tersebut sudah tersedia menunya pada Ms. Word baik di office 2003, 2007, 2010, bahkan 2013.

Baik langsung saja kita mulai mengerjakannya, anggap saja surat yang akan kita kirimkan sudah selesai dan sudah dilipat dengan baik. Sekarang saatnya untuk mengetik alamat suratnya, sebelumnya amplop sudah harus disediakan terlebih dahulu.

Pertama sekali bukalah Ms. Word anda, kemudian pilih menu mailings pada menu bar, lalu pilih envelopes. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


setelah memilih menu tersebut maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Pada deliveri address kamu ketikkan alamat perusahaan yang akan dituju. Untuk ilustrasi saya ketikkan  alamat berikut.

SMK SWASTA NUR AZIZI, 
Jl. Pahlawan No. 32 A
Tanjung Morawa, 20362

Alamat tersebut akan tercetak pada amplop yang sudah kita sediakan.

Pada return address anda dapat mengetik alamat perusahaan anda, ataupun boleh dikosongkan jika anda rasa tidak dibutuhkan.

Kemudian untuk memilih jenis amplop yang anda gunakan, maka pilihlah menu options (seperti pada gambar diatas) maka tampilannya akan seperti di bawah ini.

Pada envelope size anda dapat memilih jenis amplop yang akan anda gunakan. Untuk ini saya menggunakan jenis amplop yang sudah tertera dan amplop ini paling mudah dicari dan sering dugunakan pada Ujian UKK Kejuruan Adm. Perkantoran. Kalau merasa bingung dengan amplop yang dipunyai maka anda bisa mengukur sendiri amplop tersebut.

Langkah selanjutnya masih pada menu envelope options seperti gambar diatas. Kita pilih menu printing options, menu ini berguna untuk menentukan bagaimana posisi amplop saat akan kita cetak, lihat lebih jelas seperti gambar berikut.

kalau sudah memilih jenis tata letak amplop maka langkah selanjutnya pilih OK, maka akan kembali lagi ke menu berikut ini.

Kalau sudah maka pilih menu print untuk mencetak amplopnya. Kalau ingin mengotak-atik huruf atau tata letak tulisan, maka anda tinggal pilih add to document agar lebih leluasa mengotak-atikya, lebih jelas silahkan lihat gambar berikut.

Untuk gambar diatas cara memprint amplop sama dengan memprint dengan menggunakan kertas HVS.

Mudah bukan?. Perlu diperhatikan, pada saat memprint pada amplop hendaklah menggunakan kertas atau amplop yang sudah tidak terpakai lagi sehingga resiko amplop salah pengeprinan tidak terjadi. Dan ingat kalau salah itu sudah biasa dan dicoba lagi sampai berhasil.

Semoga artikel ini bisa membantu anda pada saat Ujian UKK Adm. Perkantoran.

Jangan lupa melihat Bentuk-Bentuk Amplop

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mencetak Alamat Pada Amplop"