GUNUNG-GUNUNG SEBAGAI PASAK

Bukankah kami telah menjadikan bumi sebagai hamparan, dan gunung-gunung sebagai pasak? (Q.S Al-Naba' (78): 6-7

Gunung sering disebutkan dalam Al-Qur'an. Perumpamaan pasak tampaknya tidak alami dari sudut pandang temuan geologis abad terakhir. Gunung-gunung yang kita amati di permukaan bumi hanyalah sepenggal dari strata yang besar sekali. Lapisan di bawah permukaan bumi boleh jadi sepuluh dampai lima belas kali lebih besar dari bagian di permukaannya. Contohnya, gunung tertinggi di dunia, puncaknya mencapai ketinggian 9 km diatas permukaan laut, memiliki bagian yang tertinggal sampai 125 km ke dalam perut bumi. Agar sebuah pasak dapat menjalankan fungsinya, panjang bagian yang menghunjam tanah sangat penting. hal itu pula untuk gunung.

Fungsi Gunung
Dalam buku ajar yang belum diperbarui, tidak terdapat informasi tentang peran yang dimainkan gunung, yaitu mengokohkan lempengan-lempengan bumi. Tetapi sudah ada beberapa publikasi tentang hal ini. Buku yang berjudul Earth adalah salah satu buku diantara yang banyak beredar di pasaran. Frank Press, penulisnya, adalah Presiden Academy of Sciences, penasihat Jimmy Carter, mantan Presiden AS. Penulis mengibaratkan gunung dengan baji, bagian terbesar darinya berada di bawah permukaan tanah. Dalam buku ini, Dr. Press menjelaskan fungsi gunung, memberi perhatian khusus pada peran pentingnya dalam memperkokoh lempengan bumi. Informasi ini sangat sesuai dengan pernyataan Al-Quran:

Dan Kami telah menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh agar ia (tidak) guncang bersama mereka. (Q.S. Al-Anbiya, (21): 31)


Sebenarnya lempengan bumi mengembang diatas cairan. Lapisan terluar bumi tebalnya 5 km dari permukaan. kedalaman starata gunung mencapai 35 km. karena itu, gunung layaknya pasak yang dipancangkan ke dalam bumi. Persis seperti pasak yang digunakan untuk memancangkan tenda ke tanah, maka pasak ini memancangkan lempengan-lempengan bumi.

Gunung merupakan hasil tabrakan antara strata kepingan bumi, akibat dari penumpukan satu strata diatas yang lain. Starata yang tenggelam ini memungkinkan lapisan lempengan menyatu.

Sunhanallah, Pada masa ketika gunung dipandang tak lebih sebagai sekedar ketinggian, kalimat Al-Qur'an tentang starata gunung yang tidak kasatmata dan peran mereka untuk memantapkan bumi membuat kita tercengan-cengang.

-------------------------
Miracle of the Qur'an, Caner Taslaman

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "GUNUNG-GUNUNG SEBAGAI PASAK"

Post a Comment