METODE MENGHAPAL AL-QUR'AN

Banyak sekali pertanyaan di benak kita mengenai kegiatan menghafal Al-Qur'an, dan pertanyaan itu hinggap dikarenakan kita memulai untuk menghapal Kitabullah, bagaimanakah sebenarnya metode menghapal Al-Qur'an yang paling baik?

Sudah pasti jawabannya adalah dengan cara menyandarkan hati kepada Allah dengan penuh ketulusan dan keikhlasan niat. Niscaya Allah SWT. akan memilihkan metode terbaik untuk Anda.

Dalam setiap metode menghapal Al-Qur'an terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sebelum memilih metode menghapal Al-Qur'an ada baiknya kita menyimak panduan berikut ini.

Apakah Metode Ini Merupakan Metode Terbaik? 

Setiap Orang memiliki metode menghapal yang unik yang biasa digunakan. Seorang hafizh Al-Qur'an dapat menghapal ayat dengan cara dibacakan orang lain. Ada juga dengan cara merekam tulisan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut di otaknya dengan berlama-lama membuka dan melihat Al-Qur'an.

Ada lagi yang menghapal Al-Qur'an dengan mengulang-ulangnya. Ia perlu mengulang-ulangnya hingga seratus kali sebelum menghapalnya. Demikianlah, setiap orang memiliki metode khusus yang biasa dilakukannya. Lantas, metode manakah yang terbaik?

Sesungguhnya setiap metode tersebut adalah baik, Anda harus mencoba tiap metode untuk mengmbil manfaatnya, ketika salah satu metode memberikan hasil terbaik pada Anda, maka itulah metode yang terbaik bagi Anda.

Beberapa Tips Khusus dalam Menghapal Al-Qur'an
  • Upayakan setiap hari menghafal Al-Qur'an, meski sedikit. Jangan meninggalkan Al-Qur'an sama sekali.
  • Bacalah ayat-ayat yang telah Anda hafalkan itu dalam shalat. ulanglah berkali-kali, niscaya Anda akan merasakan kenikmatan berlama-lama menjalankan shalat.
  • Berusahalah memikirkan makna-makna ayat yang telah anda hafalkan menjelang tidur dan setelah bangun tidur. Karena otak bawah sadar pada kedua waktu ini sedang berhubungan dengan otak sadar.
  • Yakinlah bahwa Anda mampu menghafal Al-Qur'an, anda pasti akan hafal dengan izin Allah SWT.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memulai menghapal Al-Qur'an. Dan ingatlah selalu "sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Ahmad dan Nasai).

sumber : Menghafal Al-Qur'an Tanpa Guru, Ir. Abdud Daim Al-kahil,

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "METODE MENGHAPAL AL-QUR'AN"

Post a Comment