MODUL MANUAL INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK (COMPUTER BASED TEST) 2015/2016 DARI SMK BATIK 2 SURAKARTA

UNBK


Jakarta, PSMK---Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas. Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Tim redaktur psmk.kemdikbud.go.id menerima modul manual instalasi server dan client UNBK (Computer Based Test) 2015/2016 dari Saudara PRIS PRIYANTO (untuk korespondensi HP.082242701564, Email: prs_pyt@yahoo.co.id) dari SMK BATIK 2 SURAKARTA. Beliau menitipkan kepada tim redaktur agar dapat dibagikan kepada stakeholder khusus SMK yang ditetapkan untuk menjalankan UNBK tahun 2016. Tujuannya agar mempermudah pemahaman instalasi persiapan UNBK tahun 2015/2016. (Download Modul disini)

Direktorat Pembinaan SMK menyambut baik dan akan memfasilitasi kegiatan berbagi ilmu di antara stakeholder SMK sebagai bagian dari penguatan pelaku dan Ekosistem SMK. Karena hal ini sesuai Visi Kementerian yaitu “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”

Selamat Mencoba…..Salam Hangat Dari Dit.PSMK….SMK BISA !!!

Posted by Arie Wibowo Khurniawan

sumber: diambil dari http://www.ditpsmk.net/.

NB*Karena sekolah kami juga menerapkan UNBK pada tahun ini, dan saya ditunjuk sebagai proktor, maka saya merasa perlu juga untuk menyebarkan informasi ini kepada Bapak/Ibu proktor atau pihak yang ikut mensukseskan UNBK tahun ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "MODUL MANUAL INSTALASI SERVER DAN CLIENT UNBK (COMPUTER BASED TEST) 2015/2016 DARI SMK BATIK 2 SURAKARTA"

Post a Comment