Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Tampilan Lembar Kerja Excel Seperti Word

Tampilan lembar kerja excel secara bawaan sangat berbeda dibandingkan dengan lembar kerja pada word. Hal ini karena memang programnya juga berbeda, pada microsoft word, tampilan lembar kerja disesuaikan dengan kebutuhan untuk pembuatan aneka jenis dokumen, sehingga lembar kerja pada word berbentuk selembar kertas putih dengan garis pada tiap sisinya sebagai panduan.

Sedangkan pada microsoft excel lembar kerja disesuaikan dengan kegunaan untuk membuat berbagai perhitungan seperti, perhitungan keuangan pada perusahaan, pembuatan daftar pegawai perusahaan, pembuatan tanggal, roster, dan berbagai bentuk lainnya. Sehingga tampilan pada microsoft excel terdiri dari kumpulan "cell" yang memenuhi layar monitor komputer.

Bagi pengguna akrab microssoft word tampilan excel terlihat begitu beda, hal ini disebabkan karena berbeda kegunaannya. Jika tampilan word merupakan berbentuk lembar kertas putih sehingga apa yang diketik diatasnya bila dicetak akan sesui dengan tampilannya, maka pada excel tampilan lembar kerja secara default (bawaan) akan berbeda sehingga apa yang berada pada lembar kerja, tidak otomatis tercetak dengan baik pada kertas. Baca Cara Cetak Dengan Excel 2013

Untuk mengatasi kesulitan tersebut, excel menyediakan tampilan seperti pada program word, berikut ini panduan cara merubah tampilan lembar kerja excel agar menyerupai word. Panduan ini menggunakan microsoft excel versi 2013 namun untuk pengguna versi lain dibawahnya juga dapat menggunakan panduan tersebut.


  1. Buka lembar kerja microsoft exccel 
  2. Kemudian pilih menu View pada menu bar
  3. Pada workbook view pilih Page Layout
  4. Maka tampilan kerja excel berubah seperti dibawah ini.
exccel 2013
excel 2013

Pada gambar diatas tampak layar kerja excel berbentuk lembaran kertas seperti pada microsoft word. Untuk tampilan lainnya Anda dapat memilih bentuk sesuai dengan kebutuhan anda. Silahkan coba sendiri untuk melihat bentuk tampilan lembar kerja excel sesuai keinginan anda.

Artikel Sebelumnya silahkan baca Fungsi-Fungsi Excel Untuk Spreadsheet

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Tampilan Lembar Kerja Excel Seperti Word"