Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Dana Jangka Panjang

Sumber dana paling akhir dari rangkaian sumber dana perusahaan  adalah sumber dana jangka panjang. Pengertian sumber dana jangka panjang adalah pendanaan yang jangka waktu jatuh temponya lebih dari lima tahun. Pendanaan jangka panjang terutama terdiri dari obligasi.

Pendanaan jangka panjang seringkali digunakan untuk mendanai aset-aset yang masa pakainya panjang, seperti tanah, mesin, pabrik atau proyek-proyek konstruksi.

Jenis-jenis sumber dana jangka panjang biasanya berbentuk Hipotik, Obligasi

Hipotik

Hipotik merupakan pinjaman jangka panjang yang dijamin dengan aset tetap yang memerlukan pembayaran secara berkala. Hipotik dapat diterbitkan untuk mendanai pembelian aset tetap, pembelian pabrik atau peralatan-peralatan pabrik.

Bank mensyaratkan bahwa nilai properti yang akan dijamin untuk memperoleh hipotik harus melebihi nilai hipotik yang akan diberikan. Biasanya bank meminjamkan 70 sampai 90 persen dari nilai jaminan. 

Hipotik mempunyai sejumlah keunggulan, termasuk tingkat bunga yang menguntungkan, pembatasan pendanaan lebih sedikit daripada obligasi, dan perpanjangan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran kembali dapat tersedia dengan mudah.

obligasi

Obligasi

Obligasi adalah sertifikat yang menunjukkan bahwa perusahaan meminjam uang uang dan menyetujui untuk membayarnya kembali dalam jangka waktu yang panjang. Suatu perjanjian tertulis, yang dinamakan indenture, menjelaskan ciri-ciri obligasi yang diterbitkan (misalnya, tanggal pembayaran, harga penebusan bila penerbit memutuskan menebus kembali).

Harga obligsi tergantung beberapa faktor, termasuk tanggal jatuh tempo, tingkat bunga dan jaminan. Dalam memilih tanggal jatuh tempo suatu utang jangka panjang, kita harus menyusun jadwal pembayaran kembali utang secara cermat sehingga tidak semua utang jatuh tempo pada saat berdekatan. Sebaiknya pembayaran diatur untuk menghindari kemungkinan arus kas tidak mencukupi pembayaran utang.

Harga obligasi dan tingkat bunga pasar berhubungan secara terbalik. Jika suku bunga dipasar naik, maka harga obligasi yang ada turun, karena para investor akan menanam modal dalam obligasi baru dengan suku bunga lebih tinggi. 

Obligasi merupakan utang jangka panjang dengan waktu 10 sampai 30 tahun. Pembayaran bunga kepada pemegang obligasi biasanya 2 kali dalam setahun, bunga obligasi yang dibayarkan ada yang bunga nominal yaitu pembayaran atas dasar nilai nominalnya.

Materi sebelumnya: Sumber Dana Jangka Menengah

Posting Komentar untuk "Sumber Dana Jangka Panjang"